KEMAH GEMBIRA DI GUDEP CERIA


Tanggal 18 – 19 Juli telah dilaksanakan kegiatan Perkemahan Sabtu malam Minggu di lingkungan Gugus Depan 05.119 – 05.120 pangkalan SMP Negeri 2 Kalipuro. Perkemahan yang berlangsung di halaman SMPN 2 Kalipuro itu diikuti oleh lebih dari 200 peserta. Peserta merupakan siswa-siswi baru SMP Negeri 2 Kalipuro tahun pelajaran 2009 – 2010. Berikut beritanya!

pramuka 014

Pembukaan kegiatan persami di halaman SMPN 2 Kalipuro

Perkemahan dibuka oleh Kak Blaster yang juga merupakan Pembina Gugus Depan 05.119 – 05.120 pangkalan SMP Negeri 2 Kalipuro tepat pukul 15.00 WIB hari Sabtu tanggal 18 Juli 2009. Sedangkan bertindak sebagai Pratama adalah Rindam Praja Pribadi salah satu peserta tamu dari Gudep 05.49 -05.050. Dalam amanatnya Kak Blaster berpesan kepada adik-adik penggalang baru maupun lama untuk ikut serta mendukung pelaksanaan program Gugus Depan Model di Gugus Depan 05.119 – 05.120 pangkalan SMP Negeri 2 Kalipuro. Memang Gudep 05.119 – 05.120 merupakan salah satu dari 3 gudep di Kabupaten Banyuwangi yang mendapat amanat dari Kwarcab untuk menjadi Gudep Model di bawah kendali Litbang Kwarda Jatim.

Setelah upacara pembukaan selesai dilanjutkan dengan kegiatan PBB yang langsung di latih oleh Kak Wisnu dibantu oleh kakak-kakak dari Dewan Penggalang. Kak Wisnu adalah Pembina Penggalang di Gugus Depan 05.119 – 05.120 pangkalan SMP Negeri 2 Kalipuro. Kegiatan PBB yang dilaksanakan merupakan upaya untuk menanamkan disiplin kepada semua peserta perkemahan dan sekaligus juga untuk olah raga.

pramuka 028

Periksa kerapian... awas sepatu jangan copot ya!

Malamnya kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pelaksanaan Tri Satya dan Dasa Dharma. Untuk memeriahkan suasana dan supaya peserta tidak bosan dan mengantuk Kak Wisnu sebagai fasilitator menyelipkan beberapa scout game di sela-sela materi. Di sesi kedua ganti kak Blaster yang memberikan materi tentang Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”. Kak Blaster mengajak semua peserta untuk bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia itu. Kemudian Kak Blaster mengisi dengan kegiatan quis tentan lagu kebangsaan ciptaan Wage Rudolph Supratman itu. Namun acara tidak dapat dilaksanakan karena hujan tiba-tiba saja turun mengguyur lapangan bola volley tempat kegiatan berlangsung. Peserta pun berhamburan menyelamatkan diri dari air hujan.

pramuka 043

Api utama kuambil nyalamu.....!

Sedianya setelah sesi kedua tepat pukul 21.00 WIB akan dilaksanakan acara Unggun Gembira, namun karena hujan tak kunjung reda kegiatan jadi ditunda. Pukul 22.00 Kak Wisnu mengajak semua peserta perkemahan untuk berdoa memohon kepada Tuhan agar hujan dihentikan, dan wah sungguh ajaib awan hitam yang tadinya menutupi bumi perkemahan berarak pergi digantikan oleh taburan bintang dilangit. Acara Unggun Gembira pun dapat dilaksanakan. Bertindak selaku pembina upacara pada acara penyulutan api unggun adalah Kak Mariyat selaku Kamabigus. Dalam pesan singkat Kak Mariyat menyampaikan bahwa api adalah lambang dari semangat yang membara dari seluruh anggota Pramuka untuk melaksanakan semua tugas yang diembannya. Upacara diakhiri dengan penyalaan api unggun oleh Kak Mariyat diiringi lagu Api Kita Sudah Menyala dari seluruh peserta. Karena acara api unggun mundur maka acara unjuk gelar tiap regu dibatalkan, diganti dengan lomba senam Chiken Dance.

pramuka 054

Kegiatan penjelajahan malam.

Setelah istirahat pada pukul 01.00 WIB dilanjutkan dengan kegiatan Jelajah Malam. Semua peserta secara beregu melakukan penjelajahan menyusuri rute yang telah ditentukan oleh panitia. Sepanjang jalur penjelajahan terdapat 6 rintangan yang kesemuanya harus dilalui oleh peserta. Disetiap rintangan peserta harus menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Kegiatan ini berlangsung sampai dengan pukul 02.30 dilanjutkan dengan renungan malam dan evaluasi hingga pukul 04.00 WIB.

Usai renungan malam adik-adik peserta kegiatan bisa beristirahat. Namun waktu istirahat tersebut tampaknya tidak digunakan adik-adik untuk beristirahat, mereka malah antri untuk mandi. Karena kamar mandi yang terbatas ada sebagian peserta mandi di sungai yang dekat dengan lokasi perkemahan. Untuk keamanan panitia dari kakak-kakak Dewan Penggalang melakukan penjagaan di lokasi sungai tempat peserta mandi.

pramuka 074

Chiken dance competition..

Pukul 05.00 WIB semua peserta sudah berkumpul di lapangan untuk mengikuti kegiatan olah raga gembira. Diawali dengan kegiatan pemanasan kemudian dilanjutkan dengan senam Chiken Dance dan Poco-Poco ala Pramuka. Pada kegiatan senam tersebut diadakan lomba antar kelompok sehingga peserta menjadi bersemangat. Usai senam diteruskan dengan beberapa scout game sampai dengan pukul 06.30 WIB.

pramuka 080

Upacara adat penerimaan anggota baru.

Pukul 07.30 semua peserta menikmati sarapan pagi yang telah disiapkan oleh Kak Indah. Mereka tampak sangat lahap, maklum semalam harus begadang dan memeras keringat. Usai sarapan Kak Wisnu mengumpulkan semua peserta di lapangan untuk melakukan pembersihan lapangan dan bongkar tenda. Selanjutnya acara diteruskan dengan upacara penutupan, kali ini yang menutup juga Kak Blaster lagi. Selesai upacara penutupan kakak-kakak Dewan Penggalang sudah menyiapkan upacara adat penerimaan anggota baru, yaitu upacara penyiraman air suci kepada seluruh anggota baru. Satu-persatu peserta mendapat siraman dari kakak-kakak Pembina diiringi lagu Sayonara pertanda mereka telah resmi menjadi anggota Gudep 05.119 – 05.120 pangkalan SMP Negeri 2 Kalipuro. Sayonara adik-adik sampai ketemu di latihan rutin tiap hari Sabtu. (Doeri).

About these ads

One response to “KEMAH GEMBIRA DI GUDEP CERIA

  1. hhhheeeeeee…………………….
    kari narsis ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    eh……………rindam ini dari temen u yg paling imoedtzzz and cantik.zzzzzzzzzzz nget…….zzzzzzzzzzzz

    He he … :D , memang narsis ya. Okay … salam balik dari Rindam …

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s