CARA CEPAT HAFAL SANDI MORSE


Ada banyak cara untuk cepat menghafalkan sandi morse yang sudah diperkenalkan. Namun kali ini penulis akan coba menawarkan sebuah cara yang menurut penulis mudah sekali untuk menghafalkan sandi morse dengan cepat.

Bagaimana cara yang mudah untuk mengahafalkan sandi morse yaitu dengan mengubah tanda sandi morse tersebut menjadi kata-kata yang tentunya mudah dihafalkan. Dalam contoh berikut kita akan mengubah tanda “-” (strip) pada sandi morse dengan lafal huruf vokal O. Sedangkan tanda “.” (titik) pada sandi morse diganti dengan lafal huruf vokal lain (selain huruf O).

Contoh:

Misalnya huruf “D” pada sandi morse dilambangkan dengan “-..” (strip-titik-titik). Kita pilih kata yang suku katanya terdiri dari vokal O – bukan O – bukan O, misalnya kita pilih kata DOMINAN. DO memiliki vokal O jadi mewakili tanda “-” (strip) pada sandi morse. MI dan NAN memiliki vokal I dan A (bukan O) mewakili tanda “.” dan “.” (titik-titik).

Contoh lain misalnya huruf “U” pada sandi morse dilambangkan “..-” (titik-titik-strip). Kita pilih kata yang terdiri dari vokal bukan O – bukan O – vokal O, misalnya kita pilih kata UNESCO. Suku kata U dan NES memiliki vokal U dan E (bukan O) mewakili tanda “.” dan “.”. Sedang suku kata CO memiliki vokal O mewakili tanda “-” (strip).Berikut contoh kata-kata yang melambangkan setiap huruf pada sandi morse, para pembaca dapat mengganti kata-kata asal tetap mewakili huruf pada sandi morse sesuai aturan di atas.

A : ANO            . -

B : BONAPARTE        – . . .

C : COBA COBA        – . – .

D : DOMINAN        – . .

E : EGG            .

F : FATHER JOHAN    . . – .

G : GOLONGAN        – – .

H : HIMALAYA       . . . .

I : ISLAM        . .

J : JAGO LORO         . – – -

K : KOMANDO        – . -

L : LEMONADE        . – . .

M : MOTOR        – -

N : NOTES        – .

O : OTOMO        – – -

P : PERTOLONGAN    . – – .

Q : QOMOKARO    – – . -

R : RASOHE        . – .

S : SAHARA        . . .

T : TONG        -

U : UNESCO        . . -

V : VERSIKARO        . . . -

W : WINOTO        . – -

X : XOXENDERO        – . . -

Y : YOSIMOTO        – . – -

Z : ZOROASTER        – – . .

Itu sedikit trik untuk menghafal sandi morse, semoga bermanfaat bagi kakak-kakak pembina dan atau adik-adik Pramuka semua. Terimakasih. (Blaster)

About these ads

61 responses to “CARA CEPAT HAFAL SANDI MORSE

  1. Salam Pramuka !!!

    Terimakasih yaa kak.. buat sandi’a jadi cepet hafal dehkk……… :D

    Sama-sama. Senang bisa membantu! :lol:

    XP2 Scout

  2. Terima kasih buat sandi nyaa :D
    Salam pramuka .

    #semua garudaa IAIN jambi

    Sama-sama Kak, terimakasih kunjungannya.

    XP2 Scout

    • …/.-/.-../.-/–//-.-/./-./.-/.-..

      …/.-/.-../.-/–//-.-/./-./.-/.-..//.—/..-/–./.-/

      XP2 Scout

  3. Terima Kasih ya kak.
    Buat Trik-nya.

    #Pangkalan SMP N 1 Bojong
    #Kwarran Bojong
    #Kwarcab Tegal
    #Kwarda Jawa Tengah

    Sama-sama Kak Miella. Salam kenal, dan salam untuk teman-teman Pramuka di SMP Kakak. Tetap semangat, dan terimakasih kunjungannya! :lol:

    XP2 Scout

  4. kak, mnta tlng pecahkan sandi ni yg di dalam kurung ( +@(-.-4 ) ini trmasuk sandi apa & artixa apa?? Plizzz mnta tlng n bth cepat!! Aq tnggu kak jwabanxa, thanks before..

    Waduh … butuh belajar lebih banyak nich untuk memecahkannya. Maaf tim XP2 Scout masih belum bisa memecahkan sandi tersebut. Sandinya keren banget … Ayo siapa yang bisa bantu kita … beri pendapat Kakak!

    XP2 Scout

  5. Salam PRAMUKA…
    suksess selalu untuk kak admin @XP2 Scout. saya sangat tertarik sekali dg dunia Pramuka akhir-akhir ini, bimbing saya untuk menjadi seorang pramuka.

    Salam Kak … Ok, kita bisa saling membantu untuk mempelajari ilmu kepramukaan. Kita akan upayakan membantu Kakak … dan Kakak juga bisa memberikan masukkan kepada kita.

    XP2 Scout

  6. -/./.-./../–/.-//-.-/.-/…/../….//…/.-/-./–./.-/-//-…/./.-./–/.-/-./..-./.-/.-/-//…/./-.-/.-/.-../..//-../.-/.-../.-/–//–/./-./–./…./.-/..-./.-/.-../-.-/.-/-.//…/.-/-./-../..//–/—/.-./…/.//../-./../

    -/./.-./../–/.-//-.-/.-/…/../….//-.-/./–/-…/.-/.-../../
    …/.-/.-../–//..-/-./-/..-/-.-//…/./–/..-/.-//-../../…/../-./../

    -..-/.–.//-../..-/.-//…/-.-./—/..-/-/

  7. salam pramuka …
    bagus kak cara cepatnya…
    kalau bisa cara cepat sandi yang lain di buat ya kak…

    wili- pranex

    Syukurlah Kak … kalau tulisan ini bermanfaat. Insyaallah akan kita coba.

    XP2 Scout

  8. kak susah ugha morse nie ..
    LT pun udh dekat .
    Cam mna kak hapal morse dengan cepat supaya dpat juara …

    Banyak cara pilih saja cara di atas, atau cara dari komen teman-teman di bawah. Atau gabungan keduanya. Sebenarnya itu hanya masalah latihan aja koq. Selamat berlatih untuk LT … semoga sukses.

    XP2 Scout

  9. Semangat aja bwt para pejuang pramuka . . . . . . . . . . !

    Tetap semangat. Terimakasih kunjungannya.

    XP2 Scout

    • tetap semangat pejuang pramuka
      dan wajib menghafalkan sandi morse atau code morse

      Selalu bersemangat Kak. Kalau bisa yah namanya anak pramuka harus hafal sandi morse. Terimakasih kunjungannya!

      XP2 Scout

  10. duhhh pramuka is my hobby dari SD hingga SMA tp sayang wktu di bangku kuliah g ada,,,aplage dunia kerja,,,jdnya ilmu yan di dapat aj yang di jadikan mteri pembelajaran pramuka di tempat q kkn,,,,duhhhh jadi ingt masa sd smpe SMA…sekrg umur dah 21 masih bs g ya,.,,tp di bngku kuliah g ad,,,aplge d bangku kerja.

    Kak … pramuka itu ga ada pensiunnya. Bahkan kakak-kakak pembina disini usianya sudah ada yang 40 lebih, di tempat lain malah usia 60 … hehehe :lol:. Tetap menyenangkan kalau memang sudah jadi hobi. Terimakasih kunjungannya.

    XP2 Scout

  11. waktu SMP kelas 2, saya pernah diajak mendaki Bukit Andakasa setinggi 1150 meter, dan itu merupakan kenangan yang tak kan terlupakan seumur hidup saya, lebih berkesan dari pengalaman ke Perth, Singapure, London, Tokyo atau California.

    Selagi kamu muda, ayo jelajahi alammu dengan USAHAMU, itu akan lebih indah terasa.

    Yah … Indonesia mempunyai alam yang luar biasa bagus di dunia ini. Kenapa kita tidak mencoba menjelajahinya. Terimakasih Kak kunjungannya, dan tetap jelajahi negeri ini dan ungkapkan keindahannya.

    XP2 Scout

  12. wah sayang… saya dari SD sampai SMA tidak pernah ada kegiatan Pramuka di sekolah saya.

    ini adalah sesuatu hal yang saya sayangkan dalam hidup saya.

    Kak … Pramuka itu tidak mengenal umur, dan tidak ada pensiunnya. Kakak bisa koq mengikuti kegiatan Pramuka walaupun umur berapapun.

    XP2 Scout

  13. mending ngapalke dwe dripada ngapalke kyo ngnu,, tur wiz encer qo .. :P

    Inggih monggo, katuran. Menika namung satunggaling cara. He he he :lol: Matur nuwun sampun mampir wonten mriki.

    XP2 Scout

  14. Rasa-rasanya ada yg perlu diperhatikan dan disempurnakan nich Kak, dilapangan (arena latihan), banyak Kakak Pembina memberikan materi yg kurang sesuai dengan urutan materi SKU, padahal SKU adalah barometer keberhasilan adik2 kita dalam menyerap materi & sekaligus sbg raport mereka untuk menaikkan kecakapannya yg ditandai dgn TKU, selanjutnya ditingkatkan ke SKK dgn diberi TKK sbg bukti keberhasilannya menyelesaikan ujian yg diberikan pembinanya, dimana mereka terbukti memiliki Kecakapan yg lebih Specifik, krn itu saya harap kakak menyajikannya di sini, semoga manfaat untuk kita bersama, Amiin.

    Benar Kak Anang, kebanyakan para pembina tidak memperhatikan urutan dalam materi dalam SKU. Sebenarnya kalau masih dalam satu tingkat, meski dibolak-balik penyampaiannya tidak masalah. Dan penyelesaian SKU bisa dilakukan diluar latihan pasukan. Karena ada banyak point yang sebenarnya bisa diuji oleh orang tua, guru, dan yang lainnya. Terimakasih Kak Anang masukkannya, kami akan berusaha menyajikan yang terbaik dan yang bermanfaat bagi para pembaca.

    XP2 Scout

  15. Salam Pramuka.
    Trima kasih Atas Metodenya kak…
    Lain kali kalo Bisa Tambah Sandi-sandi Yg Lain.
    Thx

    Wokey … insyaallah akan kami coba memuat untuk sandi-sandi yang lain. Terimakasih Kak kunjungannya.

    XP2 Scout

  16. .- -. .- -.- -….- -.. .. .–. .- -. –. -.- ..- -….- -.- . — . -. .- -.- .- -. -….- -.. .. -… .. — -… .. -. –.

  17. saya pertama kali mendapat morse, cara menghafalnya persis seperti ini
    cuma sekarang belum ngerti ttg tanda baca seperti titik, koma, tanda tanya, dll

    Dalam sandi morse tidak dikenal tanda titik dan koma. Dulu telegram dikirim menggunakan sandi morse, untuk tanda titik digunakan susunan huruf ttk dan untuk koma dengan kma.

    XP2 Scout

  18. Cranx bguz bgt. . . . . !! Mdah untk d’nget. . !

    Terimakasih kunjungannya. Kami senang jika tulisan ini bermanfaat bagi Kakak-kakak.

    XP2 Scout

  19. Q bingung bgt,,,,, Tp luwih enak ngapalnya yo ngerpek buku saku ae! Gampang tow????

    ya … ngrepek lebih gampang … hehehe :D

    XP2 Scout

    • Tapi kan bwat kita bodoh….

      Iya memang kalau kita cuma biasa “ngrepek” maka kita tidak bisa mengembangkan kemampuan kita lebih baik. Yah … jadi tidak pinter. Terimakasih kunjungannya!

      XP2 Scout

  20. +pusing om………

    Jangan dunk … adik Vido bisa memakai caran ini, atau yang ditawarkan Kak Adon pada komen yang terdahulu. Dicoba dulu tapi tetep dengan santai …

    XP2 Scout

    • .- -. .- -.- -….- -.. .. .–. .- -. –. -.- ..- -….- -.- . — . -. .- -.- .- -. -….- -.. .. -… .. — -… .. -. –.

      kk yg diatas ini artinya apa sihh ..??

      Artinya : “Anak dipangku kemenakan dibimbing …” Bener gak?

      XP2 Scout

  21. MANA YANG LAEN
    KURANG LENGKAP !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!\

    COPO
    colon
    CACAD..

    Wokey … boleh koq dilengkapi sendiri Kak … hehe :D . Terimakasih kunjungannya!

    XP2 Scout

  22. w buatin sandi ksus tuk w

    Sandi apaya Kak? Sandi Aulia saja ya … hahaha. Just kiding. Terimakasih kunjungannya.

    XP2 Scout

  23. bukannya lebih gampang ngapalin pake konsep AUVW NDBG EISH TMOCH FRLP QKYX JCZ ?
    pengalaman pribadi aja. lebih gampang ingetnya.. atw saya lebih ketinggalan jaman?

    A .- N -.
    U ..- D -..
    V …- B -…
    W .– G –.

    E . T –
    I .. M —
    S … O —
    H …. CH —-

    F ..-. Q –.-
    R .-. K-.-
    L .-.. Y -.–
    P .–. X -..-

    J .—
    C -.-.
    Z –..

    konsepnya tinggal hafalin urutan huruf, yang kiri berbanding terbalik sama kanan. kalo kiri titik kanan jadi strip. lebih gampang ga sih? dari pada konsep yang di atas..

    Yah mungkin Kak, ini khan hanya satu metode saja… Trimakasih sarannya, dan terimakasih juga kakak telah mengirim informasi tentang cara tersebut kepada kami untuk dibagikan.

    XP2 Scout

    • PPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPPaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaddddddddddddddddddddddAAAAAAAAAAAAAAAAA rAWk mudEEEEEEEEENNNNNNNNNNNgggggggggggg

      Ra mudeng ya gak pa pa koq Kak. Mungkin ada cara lain yang lebih mudah … ini hanya sebuah ide aja. Kalau kakak punya cara yang lebih baik kami tunggu partisipasinya. Terimakasih atas kunjungannya.

      XP2 Scout

      • aku suka buangetz sandi morce dari pada sandi bungA……..
        Tapi pramuka q kmarin agak mengecewakan aku…
        masak mau pentas seni tiba2 hujan deres…..
        pacar q jadi marah deh gara2 bajux basah………
        wkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwk
        Dinda Lintang Kharisma
        SDN KADIPATEN ?
        *********O

        Yah ga papa … walau begitu tetep cinta pramuka khan. Terimakasih kunjungannya!

        XP2 Scout

  24. once scout ever scout

    Thank’s for your visit. We always waiting for your next visiting. God bless you!

    XP2 Scout

  25. kelamaan om apalin cara gitu…..
    aku tw caranya… sangatuh tw nama saya… AGUNG WIJAKSONO.. Anak dari puji dam\n um..

    Makasih Kak Agung Wijaksono, kalau Kakak punya cara yang lebih bagus itu malah lebih baik. Dan kalau tidak keberatan kita juga senang kalau mau bagi-bagi informasi pada kita.

    Salam hangat,
    XP2 Scout

  26. kok

    o sama t sama…

    Trims atas masukannya. Sebenarnya beda Mas, cuma ternyata tanda – – – terlihat seperti tanda – Tapi sudah saya coba perbaiki. Trimakasih kunjungannya.

    XP2 Scout

  27. Your site was extremely interesting, especially since I was searching for thoughts on this subject last Thursday.

    Thank’s for your visit Tnelson! I hope you like to visit our site again another time.

    XP2 Scout

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s