RANCANGAN SKU BARU, AYO KITA COBA DAN CERMATI!


Kurikulum pembelajaran di Kepramukaan tertuang didalam SKU (Syarat-syarat Kecakapan Umum). SKU yang digunakan dalam Pramuka saat ini menggunakan SKU yang ditetapkan dalam SK Kwartir Nasional nomor 088 tahun 1974. Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi isi dari SKU tersebut nampaknya sudah banyak yang dirasakan tidak sesuai lagi. Oleh karena itu ada upaya untuk memperbaharui materi dari SKU yang dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (PUSDIKLATNAS) atau yang dulu dikenal dengan Lembaga Pendidikan Pramuka Nasional (LEMDIKANAS).

Seperti dimuat dalam situs Kusumayudha, saat ini tengah disosialisasikan rancangan SKU yang telah diperbaharui. Menurut Kak Joko Mursitho dalam situs tersebut bahwa saat ini sosialisasi penerapan SKU pada gugus depan tengah dilaksanakan, jika dalam pelaksanaannya di lapangan dapat berjalan dengan baik dan diterima secara mudah bagi Pramuka serta merata di seluruh Indonesia SKU tersebut baru akan di SK-kan. Cuma untuk saat ini baru SKU Siaga dan SKU Penggalang yang telah disosialisasikan, sedangkan untuk penegak akan menyusul. (SKU Penegak dan Pandega sekarang sudah dirilis dan dapat dilihat pada link di atas atau link dibawah)

Cover SKU Penggalang

Cover SKU Siaga

Secara umum SKU yang baru telah memuat materi-materi yang mutakhir, seperti materi TI (Teknologi Informasi), teknologi tepat guna seperti pengelolaan sampah dan penjernihan air juga dimasukkan. Dan materi disusun secara tersetruktur dan berkesinambungan antara tingkatan terendah menuju tingkatan tertinggi. Secara keseluruhan isi dan struktur SKU yang baru ini cukup bagus, para pembaca bisa mencoba mendownload materi SKU tersebut di link berikut:

Nah SKU ini layak untuk dicobakan di gudep kakak-kakak. Semoga bisa memberikan nuansa lain dalam latihan di Gudep Kakak. Selamat mencoba! (Blaster)

About these ads

6 responses to “RANCANGAN SKU BARU, AYO KITA COBA DAN CERMATI!

  1. Waduh… udah ada nih sku baru tapi ane baru tahu tuh

    Sebenarnya udah agak lama nich Kak. Tapi memang belum tersosialisasi ke semuanya. Masih butuh waktu sepertinya!

    XP2 Scout

  2. ka’ SKU penggalang ramu no 15 dan 16 kug sama…

    Ia Kak kita dapat sumbernya juga begitu. Tapi sepertinya kita dapat koreksi sendiri, kami sudah mencoba membuat koreksi tapi belum di Up Load. Insyaallah akan segera kami Up Load. Terimakasih kunjungannya.

    XP2 Scout

  3. Halo kak…saya meralat isi tulisan saya yg berisi “Cuma untuk saat ini baru SKU Siaga dan SKU Penggalang yang telah disosialisasikan, sedangkan untuk penegak akan menyusul. “. pada waktu itu saya baru mendapat SKU Siaga & Penggalang saja kak, tp sekarang SKU Penegak & Pandega sudah keluar, itu berarti sudah dapat disosialisasikan. demikian harap menjadi perhatian kakak-kakak sekalian.hehe…salam hormat kami Pasukan Kusumayudha Gudep SMPN 1 Purbolinggo, Lampung Timur

    Terimakasih Kak informasinya, kami juga akan ralat tulisan dalam Blog ini. Salam hormat juga dari Gudep Prabaswara pangkalan SMPN 2 Kalipuro Banyuwangi untuk semua anggota Pramuka di tempat kakak.

    XP2 Scout

  4. ka, gudep kami akan mengadakan kegiatan pelantikan bantara pada bulan februari, tapi kami bingung harus memakai SKU yang baru atau SKU yang lama…???

    mohon jawabannya secepatnya…..

    Maaf ya Kak baru dijawab. Kakak sementara SKU penegak yang baru masih belum disosialisasikan, sebaiknya Kakak memakai SKU yang lama dulu. Kalau nanti ada informasi tentang SKU penegak baru, insyaallah akan segera kami tayangkan. Terimakasih kunjungannya.

    XP2 Scout

  5. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Kebetulan sekali. Kemarin baru saja ngobrol tentang ini dengan teman-teman tapi belum sempat nyari. Langsung ke TKP

    Yah mari kita cobakan bersama … moga sukses!

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s