PASUKAN PRAMUKA BUMI BELAMBANGAN DI ARENA JELAJAH SITUS SEJARAH BANGSA (JJSB) BLITAR TAHUN 2009


Kwartir Ranting Kalipuro, Kwarcab Banyuwangi telah mengirimkan kontingen dalam Jelajah Situs Sejarah Bangsa (JSSB) kegiatan Giat Prestasi Penggalang yang dilangsungkan di pelataran Candi Penataran Kabupaten Blitar. Kegiatan yang dihelat tanggal 8 s.d. 10 Mei 2009 lalu diikuti oleh sekitar 400 anggota Pramuka dari perwakilan Kwarcab se-Jawa Timur. Banyak hal yang sangat menarik diikuti dari kegiatan ini, sedikit liputan bagaimana perjalanan dan kiprah wakil dari Pramuka Bumi Belambangan dalam kegiatan tersebut seperti dituturkan oleh Kak Eko Karyawanto.


Terbentuknya Pasukan Pramuka Blambangan

 

Ketika undangan untuk mengikuti kegiatan Giat Prestasi penggalang sampai ke tangan Pengurus Kwarran Kalipuro serta merta Kak Agus Salim sebagai Kakwarran memutuskan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena masa persiapan yang terlalu pendek (sekitar 2 minggu) maka Kak Agus akhirnya menunjuk dua sekolah di Ketapang untuk mengikuti kegiatan tersebut yaitu SDN 1 Ketapang dan SDN 7 Ketapang. Penunjukkan tersebut praktis tidak menimbulkan protes dari sekolah lain, karena memang kedua sekolah tersebut yang bersedia dan siap.

Pendanaan kegiatan tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Kwarran Kalipuro yang diperoleh dari iuran dari gugus depan Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah kecamatan Kalipuro. Karena alasan itu pula maka yang dikirim adalah Penggalang dari sekolah dasar dan bukan Penggalang SMP karena gugus depan SMP tidak pernah ikut iuran, dan inilah yang akhirnya menjadi sebuah cerita yang menarik di hari $perlombaan.

Singkat kata terbentuklah dua regu penggalang yang berasal dari gabungan dari kedua SD yang ditunjuk. Regu putri terdiri dari 5 siswa yaitu: Bilqis, Bella (dari SDN 1 Ketapang), Dewi, Ayik, dan Rina (dari SDN 7 Ketapang). Sedangkan regu putra juga terdiri dari 5 siswa yaitu: Denis, Kelvin, Rindam (dari SDN 1 Ketapang), Ridho dan Yudi (dari SDN 7 Ketapang). Kedua regu tersebut dilatih selama hampir dua minggu (21 April s.d. 3 Mei 2009) penuh (21 April s.d. 3 Mei 2009) di berbagai lokasi. Mereka mendapat materi tentang pioneering, speed mars, P3K, bongkar pasang tenda doom, berkemah dan beberapa materi kepramukaan lain. Kwarran menunjuk beberapa pelatih yaitu: Kak Eko, Kak Lastin, Kak Pur, Kak Ali dan Kak Sarjio.

Ada banyak kejadian yang menarik selama mereka berlatih, salah satunya adalah saat di Yudi yang dipaksa harus minum susu kedelai padahal dia sama sekali tidak suka susu. Dengan dorongan dari semua temannya akhirnya Yudi mau juga minum susu kedelai tersebut meski dengan cepat-cepat. Kejadian lainnya adalah saat Bella terjatuh dari tali saat menyeberangi sungai dengan tali. Bella sempat menangis lama, namun saat ditanya sama Kak Eko apa dia mau mundur eh ternyata Bella tidak mau mundur. Hebat juga ya si Bella.

Kegiatan latihan lainnya diisi dengan kegiatan seni. Kedua regu mempersiapkan sebuah pertunjukkan yang sedianya akan dipentaskan pada saat malam api unggun (namun sayang kegiatan tersebut tidak dilaksanakan). Mereka mempersiapkan paduan suara dengan lagu kebanggaan Banyuwangi “Umbul-Umbul Belambangan”. Kak Eko juga menciptakan yel-yel untuk mereka. Wah pokoknya seru deh!

 

Keberangkatan Yang Penuh Liku

 

Setelah melakukan cukup latihan walaupun sangat singkat akhirnya Pasukan Pramuka Belambangan siap untuk diberangkatkan. Namun demikian ternyata tidak semulus yang diharapkan. Ada sedikit konflik di SDN 1 Ketapang, Ibu Kepala Sekolah tidak mengijinkan siswanya mengikuti kegiatan Giat Prestasi Penggalang di Blitar. Namun akhirnya setelah melalui pembicaraan yang serius dengan pihak Kwarran dan Mabiran Ibu Kepala Sekolah akhirnya mengijinkan.

Selesai masalah perijinan akhirnya pada tanggal 6 Mei 2009 Pasukan Pramuka Blambangan resmi dilantik oleh Kamabiran Kalipuro Kak Heri yang juga menjabat Camat Kalipuro. Pelantikan berlangsung cukup hikmat diiringi oleh lagu-lagu dari Paduan Suara dari adik-adik Penggalang Gudep SMPN 2 Kalipuro. Dalam pidato pelantikkannya Kak Heri berpesan kepada semua anggota pasukan agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya. Kak Heri juga menghimbau agar kegiatan Kepramukaan di Kecamatan Kalipuro dihidupkan kembali. Memang seperti diakui oleh Kak Agus Salim bahwa selama ini kegiatan kepramukaan di tingkat Kwartir Ranting Kalipuro mengalami mati suri alias hidup segan mati tak mau. Kegiatan kepramukaan hanya berlangsung di Gugus Depan saja. Yah momentum inilah yang diharapkan dapat menghidupkan kembali kegiatan kepramukaan di Kecamatan Kalipuro. Semoga.

IMG_0113

Foto bareng dengan kakak Kamabiran dan Kakak pembina pendamping

Akhirnya pada pagi pukul 5.30 WIB Didampingi oleh Kak Agus Salim, Kak Eko, Kak Lastin, Kak Ali dan Kak Sarjio, Pasukan Pramuka Belambangan bertolak ke Blitar dari Banyuwangi dengan kereta Pandan Wangi. Dalam perjalanan seluruh anggota amat senang dengan bernyanyi lagu kesukaan, nyanyi bersama untuk menghibur suasana yang amat melelahkan setelah satu minggu berlatih ketahanan fisik,tehnik dan strategi untuk kesiapan dalam lomba yang akan mereka hadapi.

Sesampai di Bangil Pasuruan mereka turun untuk ganti kereta dari Surabaya kearah Blitar. Waktu turun dari kereta rasanya tergesa – gesa karena waktu yang sangat terbatas hanya beberapa menit saja maka mereka bawa semua tas yang ada asal ada bendera mereka sabet saja. Untung ganti keretanya di Bangil karena ternyata di Malang banyak sekali yang masuk sehingga tidak sedikit penumpang yang berdiri sambil terkantuk–kantuk, untung rombongan dari Banyuwangi dapat tempat duduk semua dan bisa bobok dengan nyaman.

Stasiun demi stasiun dilewati dengan lancar sehingga rombongan sampai di stasiun Garum Blitar jam 17.00 wib. Lega hati mereka sampai dengan selamat. Sesaat semua anggota kontingen istirahat Dan sholat ashar dan makan juga walaupun dengan masakan apa adanya. Setelah kenyang dengan pik up kontingen diantar oleh petugas dari Kwarcab Blitar ketempat perkemahan yang ternyata rombongan dari Banyuwangi sebagai kontingan yang pertama. Sambutan panitia yang sangat harmonis membuat terasa seperti dirumah sendiri. Didukung fasilitas yang cukup memadai membuat peserta dihari pertama ini terkesan yang mendalam.

4 responses to “PASUKAN PRAMUKA BUMI BELAMBANGAN DI ARENA JELAJAH SITUS SEJARAH BANGSA (JJSB) BLITAR TAHUN 2009

  1. Terima kasih yach Kak Sugeng,mau mampir ke Blognya Scout Smetarigala,sama – sama kak,kita semua masih belajar dan terus terang kami masih banyak kelemahannya kak,salam semoga persahabatan kita bisa menambah persaudaraan kiita semua,mohon ijin yach kak blognya kami share l

    Oks … Kak kita tukeran link … Siiippp😀

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s