APEL AKBAR DALAM MEMPERINGATI HUT PRAMUKA KE-48 SE WILAYAH KWARTIR CABANG BANYUWANGI


Hari Rabu, tanggal 19 Agustus 2009 telah dilaksanakan kegiatan Apel Akbar dalam memperingati HUT Pramuka ke-48 se wilayah Kwartir Cabang Banyuwangi. Untuk pelaksanaan tahun ini Kwartir Ranting Kalipuro ditunjuk sebagai tuan rumah dan diputuskan tempat kegiatan apel di lapangan Rowo Ketapang Banyuwangi.

Apel akbar ini dilaksanakan sebagai bentuk show force Gerakan Pramuka di Kabupaten Banyuwangi. Selama ini kegiatan kepramukaan di kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa tersebut mengalami mati suri. Ini tidak lepas dari minimnya perhatian dari Pemerintah Kabupaten terhadap gerakan Pramuka, sehingga banyak kegiatan-kegiatan yang diusulkan oleh Kwarcab Banyuwangi kepada pemkab ditolak dan akhirnya tidak dapat dilaksanakan karena terbentur pembiayaan. Nah dalam apel akbar ini memiliki misi untuk menunjukkan bahwa Gerakan Pramuka itu masih tetap eksis di Bumi Blambangan ini. Dengan harapan agar Pemerintah Kabupaten dapat memperhatikan lebih serius gerakan yang telah mewarnai negeri ini selama 48 tahun.

Agustusan 093

Persiapan Apel Akbar HUT Pramuka ke-48 di Lapangan Rowo Ketapang Banyuwangi

Hari jadi Pramuka sendiri sebenarnya jatuh pada Hari Jumat tanggal 14 Agustus 2009, namun apel diundur sampai tanggal 19 Agustus 2009 karena pertimbangan teknis. Karena Agustus tahun ini setengahnya adalah bertepatan dengan Puasa Ramadhan maka kegiatan-kegiatan peringatan HUT RI ke-64 dimampatkan. Tanggal-tanggal awal Agustus secara marathon diisi penuh dengan berbagai kegiatan, mulai kegiatan perlombaan sampai dengan puncak peringatan HUT RI dengan upacara. Oleh karena itu pelaksanaan Apel Akbar tidak dapat dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus karena berbenturan dengan kegiatan lain. Upacara peringatan Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus 2009 dilaksanakan di masing-masing Gugus Depan.

Kegiatan Apel Akbar kali ini dihadiri oleh lebih dari 2000 anggota Pramuka dari gudep-gudep se wilayah Kwarran Kalipuro dan perwakilan dari Kwarran-kwarran lain. Anggota Pramuka terdiri dari pasukan penggalang dari gudep SD/MI dan gudep SMP/MTs se kwarran Kalipuro, ambalan penegak dari gudep SMA/MA se Kwarcab Banyuwangi, satuan karya penegak (Wira Kartika, Bhakti Husada, Wana Bhakti, Bahari, dan Bhayangkara), para pembina pramuka, para pelatih, para mabi, dan andalan baik andalan ranting Kalipuro maupun andalan cabang Banyuwangi. Acara yang sedianya akan dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Ratna Ani Lestari selaku Kamabicab dan Pembina Upacara akhirnya hanya dihadiri oleh Wakamabicab Wabub Yusuf Nuris, karena Bupati berhalangan hadir. Semoga ini bukan karena Bupati benar-benar hanya memandang sebelah mata Gerakan Pramuka di Bumi Blambangan tercinta ini.

Agustusan 103

Wakamabicab Yusuf Nuris bertindak selaku Pembina Apel

Apel Akbar dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembacaan prolog oleh dua anggota Pramuka Pandega dari AKABA. Prolog singkat ini menceritakan sedikit sejarah dan cita-cita dari gerakan Pramuka. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yang dipimpin oleh pemimpin upacara Purwanto dari DKR Kalipuro. Pengucapan Pembukaan UUD 1945, Pancasila, dan Dasa Dharma dilaksanakan oleh tiga anggota Pramuka yang telah dikirim dalam kegiatan Giat Prestasi Penggalang 2009 di Blitar. Yusuf Nuris sebagai pembina upacara dalam kesempatan ini membacakan sambutan dari Kamabinas Gerakan Pramuka dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-48. Dalam sambutan tersebut disinggung masalah rencana strategis gerakan Pramuka ke depan, termasuk RUU gerakan Pramuka yang saat ini sedang di godog oleh DPR. Selesai sambutan diteruskan dengan menyanyikan lagu Himne Satya Dharma Pramuka yang dibawakan oleh kelompok paduan suara gabungan dari siswi SMPN 1 Kalipuro, SMPN 2 Kalipuro, dan SDN 1 Ketapang.

Dalam kegiatan Apel Akbar gerakan Pramuka tahun ini, juga dilaksanakan penganugerahan lencana Dharma Bhakti dan Lencana Panca Warsa untuk delapan Anggota Pramuka Dewasa atas jasa-jasanya terhadap Gerakan Pramuka. Untuk tahun ini tidak ada satupun Anggota Muda dari Kwarcab Banyuwangi yang memperoleh penghargaan Lencana Tahunan. Mungkin lain waktu ada pemerataan oleh Kwarda Jatim dalam penganugerahan Lencana Tahunan bagi anggota muda di wilayah Kwarcab Banyuwangi, sehingga menjadi motivasi bagi peserta didik untuk berkarya dan berprestasi dalam kepramukaan.

Agustusan 113

Senam Semaphore oleh adik-adik dari gabungan gudep se wilayah Kwarran Kalipuro

Apel Akbar ditutup dengan penampilan dari adik-adik dari gudep SD/MI dan SMP/MTs se-Kecamatan Kalipuro dalam senam semaphore secara massal. Kurang lebih ada 400 peserta didik yang berpartisipasi dalam atraksi ini. Mereka memainkan bendera semaphore dan menyusun kata-kata “SELAMAT DATANG DI KALIPURO” dengan membentuk formasi berbentuk tulisan “HUT KE 48” di akhir atraksi. Adik-adik ini sebelumnya telah dilatih secara khusus oleh Kak Yus dari Gudep SDN 4 Ketapang didampingi oleh kakak-kakak pembina dari gudep-gudep peserta senam semaphore lainnya. Walau mereka hanya dilatih selama 3 hari saja ternyata adik-adik ini mampu menunjukkan kemampuan mereka dengan sangat cantik.

Secara umum kegiatan Apel Akbar berlangsung dengan sukses dan lancar, walau masih ada kekurangan kecil di sana-sini. Kak Hindi Istiyaningsih selaku ketua panitia kegiatan ini menyampaikan terimakasih kepada semua panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya kegiatan ini meskipun dengan dana terbatas. Semoga kegiatan ini bisa membuka mata para pejabat di Pemkab Banyuwangi akan pentingnya kegiatan kepramukaan di Bumi Blambangan tercinta ini.

One response to “APEL AKBAR DALAM MEMPERINGATI HUT PRAMUKA KE-48 SE WILAYAH KWARTIR CABANG BANYUWANGI

  1. Terima kasih kak…semoga kita semua bisa memandu Generasi untuk menjadi pemimpin masa depan..jayalah Pramuka Indonesia !

    Terimakasih juga Kak Sis … semoga Pramuka Indonesia bisa menjadi kekuatan dalam mendidik anak bangsa. Amin.

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s