“ PERTEMANAN ADALAH SEBUAH PERMATA ”


Ditulis Oleh: Anis Syafaat

Menjalin pertemanan baru merupakan sebuah seni yang indah, namun seringkali kita gagal mengikat sebuah pertemanan yang bertahan lama. Semakin banyak teman yang kita miliki, jaringan sosial dan pribadi kita akan tumbuh semakin tinggi. Sebuah lingkaran pertemanan merupakan harta tak ternilai untuk dimiliki, selain juga mampu membentuk sebuah kelompok dalam membantu kita tumbuh sebagai pribadi yang penuh warna.

Untuk menjalin pertemanan baru, Anda membutuhkan sikap ramah yang alami ditambah pribadi yang menyenangkan. Ada banyak cara bagi Anda untuk menemukan sahabat baru setiap harinya dan juga tiap tahun. Namun, Anda mungkin perlu membangun sifat positif. Sifat ekstrovet dan ramah tamah adalah faktor pendukung kuat dalam menemukan sahabat baru.

Menemukan teman-teman baru butuh sebuah usaha yang lumayan berat. Untuk itu Anda mesti terbiasa bersikap berterus-terang, sebab yang namanya persahabatan memerlukan kepercayaan dan keyakinan. Butuh waktu untuk membangun sebuah kepercayaan dan keyakinan, pada dasarnya tak seorangpun mempercayai Anda pada saat-saat pertama perkenalan.

Para ahli menyarankan, untuk dapat menemukan teman baru, Anda mungkin butuh rasa kedekatan. Dimana itu berarti butuh penerimaan dari calon teman Anda ini. Ini biasa disebut dengan rintangan budaya, sebuah rintangan emosi yang menghalangi orang untuk lebih berdekatan dengan orang lain. Begitu rintangan ini tersibak, Anda bisa berjalan mulus dalam membangun persahabatan yang penuh arti.

Ada banyak metode untuk menemukan teman baru, dan mungkin Anda memiliki metode tersendiri. Tapi ini salah satu metode yang paling popular untuk membangun sebuah persahabatan yang kami kupas di sini.

Untuk menemukan teman baru, Anda mungkin perlu menciptakan sebuah situasi dimana orang lain merasa senang dan nyaman dengan tata karma dan tingkah laku Anda. Jangan biarkan teman baru merasa bosan berbincang dengan Anda. Tingkah yang tak menyenangkan serta kebosanan merupakan bencana untuk menjalin pertemanan baru.

Ada sebuah formula sederhana yang disebut FORM, singkatan dari Family (Keluarga), Occupation (Tempat Tinggal), Recreation (Hiburan), dan Message (Pesan).

– Family (Keluarga)

Saat Anda bertanya pada seseorang tentang keluarganya, Anda telah melakukan satu pendekatan ke topik paling dekat dari orang tersebut, dimana ini akan menghantarkan seseorang ke dalam lingkaran pertemanan Anda. Kebanyakan orang menyukai bercerita tentang orang tua, istri, anak-anak ataupun binatang kesayangan mereka. Sekali Anda tahu lebih banyak tahu tentang hal-hal tersebut, status Anda akan jadi calon teman yang dapat dipertimbangkan.

– Occupation (Tempat Tinggal)

Kebanyakan orang juga menyukai membicarakan tentang tempat tinggal, pekerjaan serta posisi. Dengan menanyakan tempat tinggal, Anda telah meyakinkan pada teman baru tersebut, kalau Anda benar-benar berniat menjalin pertemanan.

– Recreation (Hiburan)

Langkah selanjutnya adalah pembicaraan ringan tentang bintang peliharaan, hobby, olahraga favorit, kesenangan atau banyak lagi topik ringan yang menyenangkan. Jika Anda telah menemukan topik favorit teman baru Anda, usahakan membicarakan segala hal tentang ini.

– Message (Pesan)

Dan langkah paling penting adalah ‘Pesan’, selalu tinggalkan sebuah pesan yang akan diingat oleh orang lain. Yang disebut ‘Pesan’ ini bisa berarti nama Anda, pekerjaan, alamat atau pendapat jujur yang menyenangkan tentang teman baru ini. Dan tempatkan pesan terakhir Anda yang berupa tempat tinggal serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih di akhir percakapan dan selalu buat pikiran Anda terbuka, jika Anda berniat menjalin pertemanan dengan orang lain. Setelah semua Anda lakukan, untuk selanjutnya, jika Anda bermaksud menjalin pertemanan tindak lanjuti dengan menghubungi nomor kontak teman baru ini.

Tapi selalu ingat, yang namanya berteman adalah memberi dan menerima, serta saling memberi dukungan. Jangan melukai perasaan atau emosinya dengan perbuatan Anda. Bersikaplah sopan dan gentle, khususnya jika orang itu adalah wanita

2 responses to ““ PERTEMANAN ADALAH SEBUAH PERMATA ”

  1. Salam Pramuka!🙂 Jadi inget dulu pas SD-SMP aktif ikut pramuka, seneng banget sama sandi2 dan mencari jejak, hehe… reunian.

    Oya, tadi pak Sugeng nanya di blog alamendah tentang cara pasang Google Translate kan? Silahkan kunjungi tulisanku di Pasang Google Translate. mudah2an membantu.

    salam kenal untuk semua pengurus gudep pramuka SMPN 2 Kalipuro.

    Terimakasih Mbak Yani atas kunjungannya, wah asik ya bisa belajar di negeri Ginseng. Salam kenal juga dari kami pengurus Gudep Prabaswara. Dan juga terimakasih atas info tentang pasang Google Translate, langsung dech dipasang.

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s