KEMBALI PADA KESUCIAN


Tak terasa bulan Ramadhan telah berlalu dan akan segera berganti dengan bulan Syawal. Bagi umat muslim bulan suci Ramadhan adalah bulan pendidikan pelatihan untuk mencapai derajat ketaqwaan dan kembali kepada kesucian. Para penceramah dan ustadz sering menyitir QS. Al-Baqoroh ayat 183 yang intinya bahwa puasa itu diwajibkan atas diri seorang muslim agar menjadi manusia yang bertaqwa. Dalam hal ini taqwa artinya adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah. Hasil pelatihan inilah yang seharusnya kita terapkan pada 11 bulan yang tersisa

Kembali pada kesucian, mungkin ini ungkapan yang klise dan sering dilontarkan oleh orang. Hari Raya Idhul Fitri pada hakekatnya adalah kembali kepada kesucian. Namun jarang di antara kita yang memperhatikan tentang makna kesucian itu sendiri. Bolehlah sebagai anggota Pramuka kita mencoba merenungkan kembali dharma ke-10 dari Dasa Dharma. Dharma ke-10 berbunyi “Suci dalam Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan”. Secara harfiah dapat kita artikan bahwa seorang anggota Pramuka harus selalu menjaga kesucian baik kesucian dalam pikirannya, kesucian dalam setiap tutur katanya, juga kesucian dalam perbuatannya. Kesucian dalam dharma ke-10 itu benar-benar klop dengan apa yang telah diajarkan oleh Islam. Sudahkah kita mengusahakannya?

Namun kita juga menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna. Menjaga kesucian hati, kata-kata, dan perbuatan ternyata tidaklah semudah membalik telapak tangan. Godaan yang mendera pun sering menyebabkan kita tak mampu menjaga kesucian kita. Namun Allah masih tetap mencurahkan kasih sayang-Nya kepada kita. Masih dibuka pintu tobat bagi kita kapanpun selama kita belum meregang nyawa. Kalau Allah saja Maha Pengampun tentunya manusia harus juga mau memaafkan apabila ada salah yang dilakukan oleh yang lain. Saling memaafkan, itulah cara kita untuk menjaga kesucian diri kita masing-masing.

Untuk itulah pada kesempatan ini kami segenap tim pembina blog XP2 Scout, Gugus Depan 05.119 – 05.120 pangkalan SMPN 2 Kalipuro Banyuwangi memohon maaf lahir dan batin kepada para pembaca atas segala kesalahan dan khilaf yang kami lakukan. Dan juga tak lupa kami sampaikan “Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1430H”. Marilah kita kembali pada kesucian.

One response to “KEMBALI PADA KESUCIAN

  1. Selamat idul fitri.
    Semoga kita semua keluar sebagai pemenang setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.
    Mohon maaf jika selama ini ada salah dan khilaf.
    Taqobballahu minna wa minkum Wa ja’alana minal aidin wal faidzin

    Sama-sama Kak Alam, kami juga minta maaf jika ada kesalahan.

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s