SURAT DARI PENGAKAP MALAYSIA


Persetruan antara Indonesia-Malaysia dipicu oleh hal-hal yang semestinya tidak perlu. Klaim kebudayaan yang dilakukan oleh Malaysia sebenarnya juga tidak perlu dilakukan, karena pada hakekatnya Indonesia-Malaysia adalah bangsa serumpun. Malaysia bisa saja menggunakan kebudayaan Indonesia untuk promosi wisata, namun tentunya dengan seijin pemerintah Indonesia dan tidak lantas mengakuinya sebagai budaya mereka. Dan masih banyak lagi konflik Indonesia-Malaysia yang selayaknya segera diselesaikan, misalnya masalah TKI, perbatasan wilayah, dan hal-hal lain yang mungkin timbul.

Walau secara nation kedua bangsa sedang berseteru, ini bukan semuanya harus ikut berseteru. Karena ada hal-hal lain yang masih menyatukan kedua bangsa ini. Lepas dari segala konflik yang ada ikatan kepanduan kedua Negara masih tetap harus menyatu. Tidak ada alasan Pramuka Indonesia dan Pengakap Malaysia untuk bermusuhan. Dengan ikatan persaudaraan kepanduan ini seharusnya baik Pramuka Indonesia dan Pengakap Malaysia bisa mencarikan solusi bagi segala permasalahan yang ada.

Ada sebuah surat elektronik yang dikirim oleh Pengakap Malaysia yang dikirim ke Kak Hardiyanto di pramuka@yahoogroups.com. Isi surat ini menggambarkan bagaimana sebenarnya sikap Pengakap Malaysia terhadap situasi akhir-akhir ini. Surat tertanggal 07 Dec 2007 itu berbunyi sebagai berikut:

Salam Pramuka dan Salam Pengakap..

Saya adalah pengakap dari malaysia dan saya telahpun melihat komen-komen yang sahabat sahabat lain berikan.izinkan saya memberikan sedikit komen atas apa yang berlaku..

Pertamanya,Terima kasih kerna memahami bahawa bukan semua rakyat malaysia yang mempunyai pendirian sedemikian rupa..bukan semua rakyat malaysia seperti yang sahabat sekelian dengar di media.kami amat menghormati rakyat indonesia dan ikhlasnya,saya berpendapat jika tiada rakyat indonesia,malaysia tidak akan mampu membangun seperti sekarang ini.dan jika tidak ada indonesia,tiadalah Malaysia. parapejuang kemerdekaan kami mendapat aspirasi dari pejuangan rakyat indonesia menuntut kemerdekaan dari belanda.ini yang

sebenarnya.justeru itu, hubungan malaysia-indonesia bukan setakat serumpun,seagama bahkan ibarat saudara kandung.

Dan dalam persaudaraan,sudah menjadi perkara biasa akan berlaku pertelingkahan.ibarat kata orang melayu,sedangkan lidah lagi tergigit…perkara itu sememangnya tidak dapat dielakkan tetapi harus kita tanganinya dengan cara berhemat dan berhati-hati.saya akui terdapat segelintir rakyat malaysia yang memandang rendah rakyat indonesia..saya akui terdapat rakyat malaysia yang menghina rakyat indonesia..tapi bukanlah bermakna itu adalah mewakili seluruh rakyat malaysia.kami rakyat malaysia khususnya ahli pengakap memandang tinggi dan menghargai segala jasa dan pengorbanan rakyat indonesia untuk malaysia.oleh itu,saya amatlah berharap agar sahabat sekelian khususnya ahli pramuka tidak lagi memandang serong dalam persahabatan dan persaudaraan kita selama ini.kita memegang satu persetiaan dan dibawah satu pertubuhan,mari kita ahli pramuka dan pengakap menjadi orang dihadapan yang berusaha memulihkan perhubungan persaudaraan antara indonesia dan malaysia.

sekian.

Nah itulah isi surat dari pengakap Malaysia, untuk mendapatkan teks aslinya silahkan lihat di: http://www.mail-archive.com/pramuka@yahoogroups.com/msg01463.html..

6 responses to “SURAT DARI PENGAKAP MALAYSIA

  1. Salam Pramuka,
    Saya setuju sekali, seharusnya organisasi kepanduan ini menjadi wadah untuk menjalin persahabatan seluruh warga dunia…
    Ingat sifat pramuka itu sendiri :
    Nasional, Internasional, dan Universal…

    Semoga Kepanduan Dunia bisa menjadi solusi dari semua Konflik yang berkecambuk di Dunia selama ini…

    by hanz, Kwarda Jawa Barat

    Ya begitulah yang kita harapkan. Terimakasih Kak Hanz atas kunjungannya.

    XP2 Scout

  2. one world one promise itulah Kepanduan / Kepramukaan

    Ya … bener sekali Kak, pramuka/scout untuk kedamaian dunia.

    XP2 Scout

  3. harusnya sesama bangsa itu bersahabat….
    tapi memang dimanapun kita berada diskriminasi itu selalu ada……

    Persahabatan itu lebih indah … bukan?

    XP2

  4. Memang seperti itu bila ada yang satu bikin ulah yang lain jadi ikut jelek. Seperti kasus Teror Bom, yang ngebom teroris yang dicap jelek bangsa Indonesia sebagai sarang teroris…. capek

    ya itulah yang ngebom satu gelintir orang yang kena semuanya, begitulah nasib kita. Tapi kita harus sabar!

    XP2 Scout

  5. beginilah sikap seorang pandu (pramuka ataupun pengakap) yang harus tetap menjunjung jiwa persahabatan dan persaudaraan.

    Benar Kak … tetap majulah Pramuka Indonesia

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s