DUKA DI RANAH MINANG


Bencana demi bencana datang silih berganti melanda bumi ini. Beberapa waktu yang lalu saya telah menuliskan hantaman Badai Ketsana di negeri Philipina yang merenggut ratusan nyawa. Sesungguhnya saya tidak ingin lagi menuliskan tentang bencana lagi di blog ini, namun untuk mengetuk hati saudara-saudara kita di Indonesia dan sekaligus ungkapan rasa duka yang mendalam saya kembali mengunggah berita tentang bencana gempa di Ranah Minang dalam tulisan ini. Saya tahu sudah banyak orang yang memuat berita ini dalam berbagai media, namun saya merasa perlu memuatnya sekali lagi.

Gempa Padang - JPNN

Akibat gempa, infrastruktur luluh lantak (Sumber:JPNN.com)

Semula saya menganggap bencana gempa di Sumatera Barat sebagai peristiwa gempa yang tidak terlalu besar. Saya masih membayangkan kerusakan mungkin tak separah gempa di Tasikmalaya beberapa waktu yang lalu atau paling tidak sama. Saya juga tahu bahwa kekuatan gempa di Padang lebih besar yaitu 7,6 pada skala Richter, namun menilik berita di awal-awal peristiwa gempa kurang begitu menggambarkan kerusakan yang terjadi. Dan setelah saya melihat tayangan TV makin lama menunjukkan adanya kerusakan yang luar biasa. Bahkan berita hari ini (2/10) mencatat lebih dari 700 korban meninggal, 250 lebih korban terjepit, dan beberapa ratus orang terluka. Sungguh saya baru menyadari telah terjadi bencana yang luar biasa besarnya di Ranah Minang.

Banyaknya gedung sekolah, pusat bisnis, rumah sakit yang rusak menyebabkan jatuhnya banyak korban. Karena bencana terjadi pada jam-jam sibuk, rata-rata anggota keluarga terpisah-pisah. Keluarga yang anaknya sedang belajar di sekolah menjadi korban karena sekolah tempat mereka belajar roboh menimpa mereka. Ada yang selamat tapi ada juga yang tidak terselamatkan. Demikian juga di tempat-tempat kerja mengalami hal yang serupa. Banyaknya korban gempa menyebabkan rumah sakit tidak mampu menampung para korban, terpaksa korban dirawat di tenda-tenda di luar rumah sakit. Dapat kita bayangkan di tenda tentu saja jauh dari kenyamanan. Terus terang saya menangis ketika melihat tayangan tersebut. Syukurlah Menteri Kesehatan akhirnya menginstruksikan agar penanganan pasien di tenda lebih manusiawi. Semoga mereka semua diberi ketabahan.

Gempa Padang - Kompas

SBY dan Ibu Ani Yudhoyono tiba di Bandara Minangkabau Padang (sumber:Kompas.com)

Presiden SBY yang baru datang dari Amerika Serikat juga langsung meninjau ke lokasi bencana. Beliau langsung mengadakan rapat untuk penanganan bencana di Ranah Minang. Dan sampai hari ini (2/10) beliau masih berada di sana. Bahkan pesawat kepresidenan digunakan untuk evakuasi. Yah lepas dari segala pendapat yang berkembang saat ini, sosok seperti beliau layak untuk menjadi teladan pemimpin-pemimpin masa depan. Beberapa artis yang menjadi anggota DPR antara lain Eko Patrio dan Primus Yustisio pun telah menyumbangkan gaji pertama mereka untuk masyarakat Sumbar yang terkena bencana. Kita berharap anggota DPR yang lain melakukan hal yang serupa.

Sayang sekali disaat terjadi bencana yang demikian besar masih ada juga yang mengambil keuntungan bisnis. Keluarga korban yang hendak menuju ke Sumatera Barat melalui jalur udara ternyata harus membayar harga tiket yang sangat mahal. Memang permintaan tiket ke Sumbar cukup tinggi dan menjadi langka sehingga menurut hukum ekonomi harga tentunya akan meningkat. Ternyata hukum ekonomi tersebut masih lebih kuat daripada rasa kemanusiaan. Untung masih ada PELNI yang menyediakan armada angkutan laut secara gratis ke Sumbar bagi para relawan dan keluarga korban. Semoga itu akan diikuti oleh perusahaan angkutan yang lain. Kita juga salut kepada semua jajaran TNI  dan Brimob POLRI yang bahu membahu membantu evakuasi korban di sana.

Adik-adik anggota Pramuka Gudep 05.119 – 05.120 Pangkalan SMPN 2 Kalipuro ikut serta membantu para korban gempa dengan menggalang dana. Dana yang terkumpul rencananya akan ditransfer ke rekening salah satu stasiun TV swasta untuk disalurkan langsung ke lokasi bencana. Semoga sumbangan adik-adik, walaupun tidak seberapa dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Ranah Minang. Amin. Tabahlah wahai saudaraku, kami disini tidak akan tinggal diam, semoga Allah SWT memberi kemudahan kepada kita semua dalam membantu saudara kita di Ranah Minang.

3 responses to “DUKA DI RANAH MINANG

  1. lanjutkan …
    lebih cepat kebih baik

    silahkan ke blog saya richocean ttg “2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?” dan “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang” dan “Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat”

    atau blog saya lainnya
    http://richmountain.wordpress.com

    salam …

    Siiiip Pak … terimakasih infonya. Blog yang bagus.

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s