GEMPA 8,8 SR KEMUNGKINAN TERJADI DI JATIM


Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti atau membuat panik, saya memuat tulisan ini hanya untuk berbagi informasi kepada masyarakat tentang sesuatu yang mungkin saja terjadi. Berita ini termuat di situs yang beralamat di http://nasional.vivanews.com, mengabarkan bakal terjadi gempa dengan kekuatan yang cukup menakutkan yaitu 8,8 pada skala richter di Jawa Timur. Bayangkan gempa dengan kekuatan 7,6 skala richter saja sudah membuat kerusakan sedemikian besar di Sumatera Barat, apalagi dengan kekuatan sedemikian besar. Bagaimana beritanya, berikut ini berita asli dari sumbernya (Tulisan: Arfi Bambani Amri).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo minta pada seluruh kabupaten/kota di Jatim melakukan siaga bencana melalui early warning system atau sistem peringatan dini. Sebab menurut peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jawa Timur bagian selatan memiliki potensi gempa karena berada dalam patahan Samudera Indonesia.

“Saya minta seluruh kabupaten/kota di Jatim, khususnya di wilayah selatan agar melakukan antisipasi gempa melalui sistem peringatan dini. Antisipasi itu bisa dilakukan dengan menyiapkan masyarakat melakukan langkah-langkah darurat jika terjadi gempa,” kata Soekarwo Senin 5 Oktober 2009.

Terkait itu, dibeberapa daerah di Jatim sudah melakukan itu. Misalnya di Lumajang, khususnya daerah pesisir selatan Jatim.

Sistem peringatan dini tidak harus berupa alat yang canggih. “Masyarakat bisa dilatih menggunakan kentongan sebagai sistem peringatan dini. Agar mereka mengetahui kalau ada bahaya gempa dan harus segera mengungsi.”

Lebih jauh dikatakan, pesisir selatan Jatim dan Bali masuk dalam zona bahaya gempa yang berpotensi tsunami. Sebab di wilayah selatan Jatim terdapat patahan panjang mulai dari Sumatera. Bahkan salah satu pakar geologi dari LIPI, Danny Hilman Natawidjaja, mengatakan bahwa terjadinya gempa di Aceh dan Sumatera Utara pada 26 Desember 2004, gempa Jogyakarta pada 27 Mei 2006 dan Gempa Padang yang terjadi pada 30 Septenber 2009 kemarin, memicu patahan di Samudera Indonesia.

Adanya patahan itu diperkirakan bakal terjadi gempa dahsyat berkekuatan lebih dari 8 Skala Richter yang berpotensi Tsunami. Prediksi itu beralasan, dari penelitian Prof Kerry Sieh dari Nanyang Technology University (NTU) Singapura, memiliki catatan gempa dan patahan yang terjadi di selatan Jawa selama 12 tahun. Jika tekanan terhadap patahan semakin tinggi, bisa jadi memicu gempa yang mencapai 8,8 SR.

Laporan Tudji Martudji | Surabaya

Itulah berita tentang kemungkinan gempa besar di Jatim. Yah semoga saja itu tidak terjadi, kalaupun terjadi sebaiknya kita mencoba tidak panik dan tetap tenang serta bersiap-siap.  Semoga bermanfaat.

Sumber: vivanews.com

10 responses to “GEMPA 8,8 SR KEMUNGKINAN TERJADI DI JATIM

  1. Aaaaaaah, kayak giliran saja. Nggak ah..

    Yah faktanya emang kita nich lagi antre giliran…. moga aja gak nyampe2 antreannya ya Mas. Makasih udah ngasih komen..

    XP2 Scout

  2. wAahhh….pak pa bnr tentang nie cMua???
    jU”r aQ pRibadi g sanGgup nGrasain ketakutan nie n g sanggup pisah ma Ortu…dengan ada’x isu ini….y allah LindUngi kami Smua Umatmu…amie,,,,

    Bener soal prediksinya, namun tepat nggak ya itu yang belum dipastikan. Memang selama ini ada juga sih yang tepat, seperti gempa di Sumbar itu juga sudah diramalkan. Yah semoga aja aman. Salam..!🙂

    XP2 Scout

  3. Indonesia memang rawan bencana. Sebagai manusia, hanya mampu berdoa kepada Allah SWT dan bersahabat dengan alam.
    Semoga Indonesia dijauhkan dari musibah2 yang menguras kepedihan dan air mata…
    Namun jikalau musibah harus terjadi, kepadaNya kita harus kembali. Semua milik Allah.

    Amin… amin… amin… . Semoga Allah SWT segera menghentikan bencana di Indonesia dan menggantinya dengan rahmad dan ampunan.

    XP2 Scout

  4. cara waspada adalah dengan mendekatkan diri pada Allah.. mempertebal iman… krn gempa atau pun bukan.. apapun sebabnya..kematian pasti akan datang menjelang… sesunggunhya pertanyaannya adalah setelah kematian apakah selesai bgtu saja perjalanan makhluk???.

    jika ada syurga dan neraka dmanakah kita???
    syurgakah..??? tapi pantaskah???
    jika dimasa2 kematian kita bertindak tdk baik, sementara kita tdk tau kapan kematian. laksana gempa yg kita cuma bisa menerka2.

    smoga kita termasuk org yg selamat..

    Amin …

    XP2 Scout

  5. Jujur…
    Takut.
    Merinding waaktu baca ini.

    Ditambah lagi…Sendirian di rumah.

    Tenang aja Mbak, itu masih prediksi. Tapi gak ada salahnya kita waspada…! Salam.

    XP2 Scout

    • ssaya akan percaya jika ada gambarnya.?????? saya mohon diberitahu gambarnya gempa dijawa timur dan diberi tahu kapan dan tanggal berapa terjadi gempa di jawa timur.bales

  6. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Semoga saja tidak terjadi. Btw, gempa bumi adalah fenomena alam yang sulit sekali diprediksi kapan dan dimana terjadinya.

    Betul Kak Alam, mungkin hanya prediksi akan terjadi namun kapan dan dimana itu tidak dapat di prediksi. Yah, selayaknya kita tetap tenang dan tidak panik. Karena kepanikan terbukti membuat celaka.

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s