MERETAS JEJAK, MELINTAS ALAM


Hari Sabtu (10/10) kemarin adik-adik anggota Pramuka Gudep Pangkalan SMPN 2 Kalipuro mengikuti latihan penjelajahan dan membaca tanda jejak. Kegiatan latihan perdana setelah libur selama bulan puasa dan hari raya itu diikuti oleh kurang lebih 90 peserta didik. Rute yang dilalui melalui jalanan setapak, menelusuri areal sawah, hutan, kebun, dan juga menyeberangi sungai. Bagaimana dan apa saja kegiatan adik-adik pramuka dalam kegiatan tersebut? Berikut liputan dari redaksi XP2 Scout.

101109_0444_MERETASJEJA1.jpg

Regu peserta sedang bersiap-siap di pangkalan

Kegiatan Penjelajahan dan membaca tanda jejak kali ini merupakan realisasi dari program yang telah disusun oleh adik-adik pada pertemuan ke-1 sampai dengan pertemuan ke-3 kegiatan latihan sebelumnya. Seperti telah dimuat dalam blog ini sebelumnya bahwa di gudep 05.119 – 05.120 sebagai gugus depan model telah menerapkan program cycle (siklus program) dalam pelaksanaan latihan. Dalam program yang tersusun dari 4 fase itu, fase ke 1 sampai dengan 3 merupakan fase penyusunan program. Dan fase ke-4 merupakan fase penerapan apa yang telah disusun pada fase 1 sampai 3. Kegiatan penjelajahan dan membaca tanda jejak merupakan program pertama.

Sebelum pelaksanaan kegiatan penjelajahan dua kakak pembina, Kak Wisnu dan Kak Blaster serta pratama Kak Dori telah mensurvei rute yang akan dilalui oleh peserta. Lokasi yang dipilih adalah areal di sekitar pangkalan SMPN 2 Kalipuro. Untuk memberi nuansa lain rute dibuat melalui daerah-daerah bervariasi dengan pemandangan alami yang indah. Sepanjang rute yang jaraknya kurang lebih 1,5 km ditempatkan 3 titik tantangan. Ketiga titik tantangan itu adalah titik tantangan biologi, tantangan fisika, dan tantangan ketangkasan.

Foto024

Melakukan pengukuran arus sungai

Adik-adik peserta penjelajahan sudah berkumpul di Pangkalan mulai pukul 12.30 WIB. Dengan berbekal tongkat dan tali serta peralatan tulis peserta berbaris rapi di lapangan voley di halaman pangkalan SMPN 2 Kalipuro. Setelah mendapat penjelasan singkat dari Kak Blaster mengenai rute dan bagaimana peserta harus membaca tanda jejak, satu per satu regu diberangkatkan oleh Kak Regu. Regu-regu mulai bergerak menyusuri jalan yang telah diberi tanda jejak oleh Kak Wisnu dan Kak Dori, melewati tantangan-tantangan yang telah disiapkan oleh kakak pembina. Sambil berjalan setiap regu diberi tantangan untuk menyelesaikan teka-teki silang dari kakak pembina.

Titik tantangan pertama disebut titik biologi, pada titik tersebut setiap regu diminta untuk mencari 5 macam rerumputan yang harus diambil utuh sampai akarnya. Pada titik ini peserta didik dapat mempelajari lima macam rumput tersebut sesuai dengan mata pelajaran biologi di sekolah. Selain itu adik-adik dikenalkan pada pentingnya menjaga kelestarian alam dengan tidak merusaknya. Sebagai pendamping dan penguji pada titik ini adalah Kak Yuli dan Kak Aris.

Titik tantangan kedua disebut titik fisika. Kak Blaster telah siap di tengah-tengah sungai dibantu oleh Kak Ciput dan Kak Cimeng untuk membimbing adik-adik mengukur arus sungai dengan pelampung dan stopwatch. Adik-adik pun dengan semangat mengukur panjang lintasan pelampung dengan menggunakan tongkat. Selanjutnya menghanyutkan pelampung dan mengukur waktu yang diperlukan pelampung untuk menempuh panjang lintasan yang telah mereka tentukan. Dari hasil pengukuran tersebut kemudian adik adik dapat menentukan arus sungai yang mereka ukur.

Foto039

Melintas rintangan...

Titik tantangan ketiga atau yang terakhir adalah titik ketangkasan. Di titik ini adik-adik ditantang untuk melewati rintangan tali agar dapat menyeberang sungai dengan selamat. Pada tantangan ini Kak Wisnu dibantu oleh beberapa pramuka inti telah menyiapkan tali membentang lebar sungai. Adik-adik harus menyelam ke dalam sungai untuk melewati rintangan tali tersebut. Namun sebelumnya Kak Wisnu meminta pada adik-adik yang tidak sehat dan berhalangan untuk tidak melintasi rintangan ini. Pertama adik-adik sepertinya enggan dan ragu, tapi setelah mereka mencebur ke sungai malah mereka enggan untuk berhenti.

Pukul 16.30 seluruh peserta telah mencapai garis finis. Seluruh regu mengumpulkan hasil kerja mereka kepada kakak pembina. Rerumputan, hasil penghitungan kecepatan arus, dan teka-teki silang dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian dari Dewan Penggalang. Kegiatan ditutup dengan evaluasi dan do’a.

12 responses to “MERETAS JEJAK, MELINTAS ALAM

  1. TErima kasih banyak Kak Sugen,kami semua masih dalam taraf belajar dan masih banyak kekurangannya,kami senantiasa mengharap kritik dan sarannya,terima kasih atas kunjungannya yach kak

  2. Salam Takzim
    Selamat pagi sahabat, bergeser hari jangan ikut tergeser ya persahabatan, untuk terus mengikat tali persahabatan, ada tali kasih yang harus dijemput pak ditengah-tengah kesibukan bapak
    Salam takzim Batavusqu

    Terimakasih Pak Zipoer atas awardnya, insyaallah kepercayaan Bapak akan saya jaga. Dan tetap mengawal adik-adik pramuka kita untuk senantiasa memelihara persahabatan tetap abadi. Amin.

    XP2 Scout

  3. waaaaaahh, jadi ingat waktu pramuka smp dulu T.T

    Salam, ayo ikut terjun mensukseskan pramuka. Gak harus ikut latihan pramuka. Tapi sumbangkan pikiran untuk kemajuan pramuka. Makasih atas kunjungannya.😉

    XP2 Scout

  4. Salam Takzim
    Selamat pagi menyapa para sahabat demi sebuah persahabatan agar tak tergeser dengan kesibukan, Semoga tetap kesehatan yang hakiki diberikan untuk bapak sekeluarga
    Salam Takzim Batavusqu

    Amin, setuju Pak Zipoer….!!!

    XP2 Scout

  5. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank sukses selalu yaaaak
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

    I love U fulll tooooo…!!!

    XP2 Scout

  6. Salam Pramuka…mohon maaf kak Sugeng,kami mengalami keterlambatan Posting dikarenakan mulai bulan lalu yang posting adalah adik – adik dan kebetulan kami semua lagi banyak kegiatan kak,terima kasih banyak atas kunjungannya,semoga tali silahturahmi kita semakin erat,amin

    makasih juga kunjungannya, Smetarigala maju terus….!!

    XP2 Scout

  7. Kegiatan Pramuka memang mengasyikan…
    salam Pramuka…

    makasih kunjungan Kakak, Pramuka memang menyenangkan makanya jadilah pramuka.. he he he. promosi ni ye….

    XP2 Scout

  8. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kegiatan yang sangat menarik di daerah yang sangat menarik yang pasti akan membuat anak didik tertarik. Sebagai pramuka kita musti lebih sering mengajak adik-adik kita untuk bercumbu dengan alam sekaligus sebagai refresing dan evaluasi terhadap latihan rutin.
    Selamat!

    Terimakasih Kak Alam, memang Pramuka itu senangnya bercumbu dengan alam … he he he..

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s