BUKAN ARTIKEL RESEP


XP2 Scout Weekend News – Sabtu sore (24/10) pukul 13.00 terlihat sekumpulan anak dengan seragam coklat-coklat sedang asik mempersiapkan sesuatu. Mereka adalah adik-adik Pramuka Gugus Depan SMPN 2 Kalipuro yang sore itu akan berlatih memasak spons cake. Kegiatan memasak ini sedianya dilaksanakan pada hari Sabtu sebelumnya, namun karena ada kegiatan LDKS OSIS maka latihan ditunda selama seminggu. Dan pada Hari Sabtu inilah kegiatan memasak baru dapat dilaksanakan.

Persiapan

Briefing oleh Kak Wisnu pada adik-adik penggalang putri (xp2 scout)

Kegiatan memasak kali ini merupakan realisasi dari apa yang telah direncanakan sebelumnya. Tujuannya adalah memberi pengalaman kepada peserta didik tentang tata cara memasak. Khususnya pada kegiatan latihan memasak sore itu adalah memasak Spons Cake. Materi memasak meliputi: pemilihan bahan yang baik, mempersiapkan peralatan, mengolah bahan sampai jadi, dan terakhir adalah penyajian. Semua tahapan tersebut langsung dipraktekkan oleh 9 regu yang sore itu mengikuti kegiatan.

Keberhasilan dalam memasak Spons Cake, salah satunya harus memperhatikan kualitas bahan yang akan digunakan. Pemilihan telur, tepung terigu, dan gula yang bagus akan menghasilkan kue yang bagus. Demikian penjelasan Kak Wisnu kepada adik-adik peserta latihan memasak. Telur yang dipilih sebaiknya telur yang ukurannya besar. Untuk memasak Spons Cake kali ini digunakan 7 butir telur ayam. Tepung terigu disarankan menggunakan tepung terigu merek Segitiga Biru atau Cakra Kembar (bukan promosi lho..!). Dan gula yang digunakan seharusnya adalah gula yang kering, bukan gula yang lembab dan menggumpal.

Photobucket

Adik-adik penggalang putra juga nggak mau ketinggalan ikut membuat kue (xp2 scout)

Usai penjelasan pemilihan bahan kegiatan memasak dilanjutkan dengan mempersiapkan peralatan. Kak Wisnu mengingatkan kepada semua peserta kegiatan untuk menjaga agar alat-alat yang digunakan untuk memproses bahan tidak terdapat air, alias harus kering. Jadi alat-alat yang baru dicuci harus dilap sampai kering dan dipanaskan diatas oven agar semua air yang menempel menguap. Disamping itu alat-alat tersebut tidak boleh berbau sabun yang menyebabkan rasa dan aroma tidak enak pada kue yang akan dibuat. Prinsipnya semua peralatan yang digunakan harus bersih dan kering agar menghasilkan kue yang benar-benar bagus dan lezat rasanya.

Setelah semua peralatan siap, kegiatan memasak pun dimulai. Pertama menimbang gula sebanyak 200 gram dan dimasukkan dalam baskom. Kemudian telur dipisahkan antara bagian putih telur dan kuning telurnya. Putih telur dicampur dengan gula dalam baskom. Kemudian ditambahkan satu sendok teh cream of tar tar. Campuran tersebut dikocok dengan mixer hingga mengembang. Setelah mengembang dibiarkan dulu sejenak. Selanjutnya kuning telur dikocok dengan mixer dengan kecepatan rendah di wadah yang berbeda. Setelah hancur, kuning telur dicampurkan ke dalam adonan dan diaduk dengan menggunakan Solet. Adonan yang telah diaduk rata ditambahkan 10 sendok makan minyak kelapa, kemudian diaduk kembali. Nah sekarang adonan siap untuk dimasukkan dalam cetakan.

Photobucket

Adik-adik penggalang putri berpose sejenak di depan hasil kerja mereka (xp2 scout)

Cetakan Spons Cake sedikit berbeda dari cetakan Cake yang lain. Cetakan terdiri dari dua bagian yang dapat dilepas. Itu untuk memudahkan saat melepas kue dari cetakan. Adonan yang telah siap dimasukkan secara merata ke dalam cetakan. Tapi harus disisakan sedikit adonan untuk digunakan sebagai hiasan. Adonan yang tersisa ini diberi warna dengan pewarna kue. Kemudian adonan berwarna itu di tuangkan ke atas adonan utama. Dengan menggunakan lidi adonan diputar untuk memperoleh pola hiasan yang bagus. Akhirnya adonan siap untuk dipanggang dalam oven yang sebelumnya telah disiapkan.

Setelah dipanggang selama kurang lebih 15 – 20 menit Spons Cake pun akhirnya matang. Cetakan kue yang berisi kue yang telah matang dikeluarkan dari oven dan dibiarkan sejenak agar dingin. Setelah dingin dengan menggunakan pisau kue dilepas dari cetakan. Selanjutnya kue yang telah jadi siap dihias. Ada adik-adik yang menghiasnya hanya dengan susu coklat dan meses, ada juga yang menghiasnya dengan potongan buah cherry, parutan coklat, parutan keju, dan potongan buah strawberry. Hasil kretifitas adik-adik menghasilkan berbagai macam bentuk tampilan Spons Cake yang cantik.

Photobucket

Hmmm.... enak banget.... (xp2 scout)

Kegiatan memasak hari itu selanjutnya ditutup dengan acara makan bersama Spons Cake yang telah mereka buat. Dan tak lupa adik-adik membersihkan semua peralatan dan ruangan tempat kegiatan memasak berlangsung. Sebab kalau tidak mereka bakal dimarahi oleh pegawai Tata Usaha, karena ruang yang dipakai adalah ruang Tata Usaha sekolah. Dan kegiatan memasak yang dipandu oleh Kak Wisnu dan Kak Aris itupun berakhir, adik-adik pulang kerumah masing-masing tidak hanya membawa kue hasil kerja mereka tapi juga membawa pengetahuan bagaimana cara membuat Spons Cake. (Dori).

Baca juga:

4 responses to “BUKAN ARTIKEL RESEP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s