REMAJA, SATU TAHAP PERKEMBANGAN FISIK DAN PRIBADI


Tanggal 28 Oktober, sepertinya kita sangat familiar dengan tanggal tersebut. Pada tanggal tersebut tahun 1928 para pemuda berkumpul untuk membahas tentang masa depan bangsa dalam kongres Pemuda ke II di Jakarta. Saat ini kita kenal tanggal tersebut sebagai Hari Sumpah Pemuda. Pemuda adalah harapan bangsa, dipundaknyalah masa depan bangsa ini digantungkan. Nah.. untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda hari ini penulis mencoba mengetengahkan artikel tentang remaja yang tidak lain adalah pemuda juga. Semoga bermanfaat.

remaja

Remaja harapan bangsa

Remaja merupakan salah satu periode kehidupan yang dimulai dengan perubahan biologis pada masa pubertas dan diakhiri dengan masuknya seseorang ke dalam tahap kedewasaan. Dua ratus tahun yang lalu, periode ini tidak dikenali. Kata-kata ‘remaja’ belum digunakan, dan masa perkembangan hanya dibedakan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa. Munculnya kemampuan bereproduksi yang disebut dengan ‘pubertas‘ menjadi batas antara dua tahap perkembangan ini.

Munculnya tahap remaja dalam periode kematangan seksual dan sosial ditandai dengan semakin berkembangnya kompleksitas masyarakat. Sejalan dengan makin beragamnya fungsi sosial, semakin meningkat pula kualifikasi yang diperlukan dalam dunia kerja. Hal ini mendorong berkembangnya pendidikan formal. Secara bersamaan, peraturan yang melarang penggunaan tenaga kerja anak-anak, semakin meningkatnya usia harapan hidup, dan faktor lain yang berpengaruh terhadap transformasi sosial memberikan sumbangan terhadap semakin mantabnya masa remaja sebagai salah satu tahap perkembangan yang penting.

Untuk waktu yang lama, remaja dimaknai sebagai masa transisi, tidak lebih dari masa selintas menuju kedewasaan, masa yang ditandai dengan instabilitas dan keresahan. Meskipun remaja bermasalah tidak bisa dianggap mewakili kelompok usia remaja secara keseluruhan, pada saat yang bersamaan remaja dipandang sebagai periode emosi yang tidak stabil dan terganggu, serta masa pemberontakan.

Saat ini, dengan pengetahuan ilmiah pada proses pengalaman remaja, masa remaja secara luas dipandang sebagai periode pertumbuhan yang bersemangat, dan kemajuan personal yang pesat. Pertumbuhan bukan secara murni terdiri dari aspek biologis dan pubertas, tetapi juga perubahan mental dan sosial yang membantu membentuk kepribadian masa dewasa.

Jiwa “pemberontakan” yang dilabelkan pada remaja harus dipandang sebagai perspektif orang dewasa, dan bukan sepenuhnyua karakteristik dari kelompok usia ini. Sesungguhnya, yang disebut “pemberontakan” tersebut tidak lebih dari upaya remaja untuk mencari penegasan diri untuk menemukan bahwa dirinya berbeda, dan merupakan proses yang penting dalam tahap-tahap pembentukan kepribadian.

Tugas utama masa perkembangan remaja mencakup:

  • Mencapai kematangan seksual dalam segala segi, bukan hanya biologis
  • Memantapkan identitas
  • Mengembangkan rencana kehidupan pribadai

Jadi, dapat dikatakan bahwa masa remaja dimulai dengan aspek biologis dan diakhiri dengan aspek budaya. Diawali dengan perubahan fisik sebagai indicator feminitas dan maskulinitas biologis. Sejalan dengan kemajuan perkembangan remaja memahami kejadian-kejadian di sekitarnya dalam cara yang lebih global. Kemudian muncul upaya pencarian jati diri dalam cara-cara yang lebih konsisten dan terarah. Tahap ini selesai ketika remaja terintegrasi dengan masa kedewasaan dengan rencana kehidupan pribadinya, atau paling tidak dengan keyakinan bahwa pilihan-pilihan harus dibuat dalam kehidupan, dan sebagai pribadi, dia memiliki kemampuan untuk membuat rencana dan pilihan dalam hidup.

Meskipun secara umum kategori remaja dimulai pada usia 11 atau 13 tahun, dan berakhir pada usia sekitar 20 tahun, usia yang pasti sangat bervariasi atar individu. Durasi masa remaja pada dasarnya tergantung dari keadaan individu, sejarah pribadinya, serta karakteristik cultural dan social dari komunitas tempat individu tersebut tinggal.

Masa remaja adalah masa yang panjang, sejalan dengan semakin beratnya tantangan dan tuntutan pada remaja dalam masyarakat. Panjangnya masa remaja ini menimbulkan kecenderungan untuk timbulnya kebingungan dan kontradiksi, keinginan berkembang serta kecenderungan penarikan diri, yang merupakan proses yang wajar dalam masa remaja untuk mendapatkan identitas diri dan makna hidup.

Lebih lanjut, sifat masa remaja bukan merupakan hal yang tetap atau tidak dapat diubah. Semua itu tergantung pada karakteristik individual, situasi masyarakat, dan lebih penting lagi adalah aspek psikologis dan aspek social dari periode yang mendasari individu untuk menapaki masa remaja. Kualitas kehidupan pada masa kanak-kanak secara kuat mempengaruhi pengalaman dan hasil periode perkembangan remaja.

Sumber: Buku Pegangan untuk Pembina Penggalang, Kwarnas Gerakan Pramuka 2005

Baca Juga:

8 responses to “REMAJA, SATU TAHAP PERKEMBANGAN FISIK DAN PRIBADI

  1. jadi inget masa remaja dulu, banyak hal disesali : ternyata banyak waktu sia-sia… pengalaman berharga tuk remaja masa kini…

    Masa remaja yang sudah berlalu tidak bisa balik lagi. Yang penting kita harus berusaha lebih baik ke depan. Bukan begitu Mas?

    XP2 Scout

  2. MAJU Terus… Saya dulu juga mantan BoyScout, cm gak lolos Bantara😀 xxixixi… Pokoknya Kita Perkuat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa dr dalam dengan langkah2 positif termasuk ngeblog itu Pak, :)…
    Salam kenal salam hangat dr saya seorang pemula >.<

    Salam kenal juga MasEdi, walau tidak sampai Bantara yang penting berjiwa Pramuka. Tetaplah cinta dengan Pramuka.

    XP2 Scout

  3. Salam Takzim
    Menyuarakan Sumpah memang sudah seharusnya untuk menyatukan yang terserak, dan menghimpun yang berbeda bahasa dalam bahasa Indonesia
    Salam Takzim Pemuda Indonesia

    Selalu Pak Zipoer kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara apa saja. Termasuk dengan ngeblog juga kan Pak..?

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s