PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMBINA GUGUS DEPAN SE-KABUPATEN BANYUWANGI


Sejak dicanangkannya revitalisai Gerakan Pramuka oleh Presiden SBY pada tahun 2006 kegiatan Pramuka di beberapa tempat di tanah air mulai bergeliat. Namun tidak demikian yang terjadi di Kabupaten Banyuwangi. Pramuka di kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa itu masih terlihat adem ayem seolah tidak terkena gaung dari revitalisasi Gerakan Pramuka. Beberapa upaya saat ini dilakukan oleh Kwarcab Banyuwangi untuk bangkit, salah satunya adalah kegiatan diklat Pembina Gugus Depan yang berlangsung sejak tanggal 26 Oktober dan berakhir pada tanggal 6 Nopember 2009 yang akan datang. Berikut laporan dari koresponden Blambangan Scout Eko Karyawanto.

Kak Asma'i Hadi membuka kegiatan Diklat Pembina Gugus Depan se-Kabupaten Banyuwangi (BS)

Bertempat di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Banyuwangi para pembina Gugus Depan se-Kabupaten Banyuwangi secara bergiliran mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pembina Gugus Depan. Kegiatan itu dilaksanakan sebagai salah satu upaya dari Kwarcab Gerakan Pramuka Banyuwangi untuk kembali menggairahkan kegiatan kepramukaan di Bumi Blambangan. Memang sepintas kegiatan kepramukaan di Banyuwangi kurang sekali bila dibandingkan dengan kabupaten lain di Jawa Timur. Untuk itulah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi kegiatan ini dihelat.

Bagaimana upaya Kwarcab ini membuahkan hasil sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Tersebutlah seorang anggota Pramuka bernama Kak Saiful Ulya, beliau adalah PNS yang bekerja di Disdikpora Kabupaten Banyuwangi. Sebelumnya beliau bertugas di bagian Kesmas dan berkantor di Sanggar Pramuka. Beliaulah yang telah bernegosiasi dengan Kadispendikpora, Bapak Sulihtiyono untuk dapat melaksanakan kegiatan ini. Akhirnya Dinas menyetujui untuk melaksanakan kegiatan dengan pendanaan dari Dispendikpora, namun realisasinya tahun 2010. Nah karena realisasinya masih setahun lagi, padahal kegiatan ini tidak dapat ditunda sampai tahun depan maka kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan biaya secara mandiri oleh gudep melalui dana BOS.

Kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih 11 hari itu diikuti oleh Pembina Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah dari Kwarran se-Kabupaten Banyuwangi. Diklat dilaksanakan secara bergilir, setiap hari diikuti oleh pembina gudep dari 2 kwartir ranting. Dimulai dari Kwarran Kota Banyuwangi dan Giri sampai dengan Kwarran Kalibaru yang letaknya paling ujung selatan barat Kabupaten Banyuwangi.

Materi pendidikan pelatihan meliputi: dinamika kelompok, mabi gugus depan, prinsip dasar dan metode kepramukaan, pakaian seragam pramuka, manajemen stress, manajemen resiko, visi dan misi gudep, struktur gugus depan, dan pengambilan keputusan. Dengan jatah waktu yang hanya sehari memang pemberian materi itu menjadi kurang efektif, namun peserta juga diberikan buku materi sehingga bisa membacanya kembali di rumah. Di akhir kegiatan diisi dengan penjelasan mengenai penggunaan dana BOS untuk kegiatan kepramukaan di sekolah oleh petugas dari Disdikpora.

Dalam kegiatan tersebut setiap peserta diklat akan mendapatkan sertifikat tapi dengan syarat harus mengumpulkan rencana tindak lanjut (RTL) yang berisi data gudep yang dikelolanya. Selain sertifikat untuk gudep yang bersangkutan juga akan mendapatkan nomor gugus depan yang baru. Memang selama ini pendataan gudep di Kwarcab Banyuwangi belum dapat dilakukan karena kendala biaya dan sumber daya manusia. Dengan kegiatan ini sekaligus dilakukan pendataan kembali gudep-gudep yang ada di Kwartir Cabang Banyuwangi. (EKO)

Baca juga:

4 responses to “PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMBINA GUGUS DEPAN SE-KABUPATEN BANYUWANGI

  1. Ass.
    Salam Pramuka!
    Selamat buat Kwarcab Banyuwangi yang telah melaksanakan Diklat Pembina Gudep..
    Kak, saya minta alamat atau No yg bisa saya hubungi ke Kakak Saiful Ulya?

    dari Fifi

    Kak Fifi, no Kak Saiful saya kirim lewat e-mail Kakak saja ya! Terimakasih kunjungannya!

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s