PUBERTAS SEBAGAI TANDA BERAWALNYA MASA REMAJA


Sebagai seorang pembina Pramuka sebenarnya kita harus mengetahui lebih jauh mengenai perkembangan baik fisik maupun mental anak didik kita. Pengetahuan itu kita perlukan agar kita dapat membimbing dengan lebih baik anak didik kita, mengarahkan mereka sehingga dapat berkembang kearah yang baik dan benar. Berikut uraian tentang salah satu tahap yang kita jumpai pada adik-adik penggalang yaitu pubertas. Semoga bermanfaat.

Timbulnya masa pubertas tidak dapat ditandai oleh usia yang pasti, dan tidak ada definisi pasti tentang tahap pertama masa remaja ini. Bagian besar dari tubuh dan kepribadian berubah, dan ini muncul dalam usia dan tingkatan berbeda. Oleh karena itu, kematangan dan sejarah perkembanngan lebih berperan daripada usia kronologis. Secara umum dapat dikatakan bahwa pubertas dimulai pada usia 10-12 tahun pada perempuan, dan 11-13 tahun pada laki-laki.

remaja

Kematangan dan sejarah perkembangan lebih berperan daripada usia kronologis pada remaja (XP2’ s)

Ketika hormon tertentu pada kelenjar pituitary aktif dan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, sel telur menjadi matang dan dilepas secara teratur, dan spermatozoid mulai diproduksi, karakteristik seksual primer dan skunder muncul, pada saat itu perubahan juga terjadi pada fungsi fisiologis non seksual. Tinggi, ketrampilan otot juga berkembang.

Karakteristik seksual primer merujuk pada pembentukan organ seksual yang meliputi kopulasi dan reproduksi. Selama masa kanak-kanak organ-organ ini kurang berkembang dibandingkan dengan sistem organ lain. Selama pubertas, penis, testikel (buah zakar), uterus, vagina, klitoris, serta labia mayora dan minora pada kemaluan mulai mengembang.

Kemampuan membuat keturunan tidak terjadi bersamaan dengan awal menstruasi pada anak perempuan atau mengeluarkan mani pertama pada anak laki-laki, yang merupakan fase paling awal dalam proses kematangan seksual. Namun, kemampuan untuk menghasilkan keturunan berkembang sebelum pertumbuhan fisik lengkap, yang merupakan salah satu alasan mengapa kehamilan remaja dianggap sebagai resiko besar, baik untuk si ibu maupun si anak.

Karakteristik seksual sekunder mengacu pada perubahan-perubahan dalam tubuh yang berfungsi menunjukkan maskulinitas dan feminitas biologis. Rambut kemaluan (dari bahasa latin pubes, berarti “rambut tubuh”; asal kata pubertas) muncul di seputar alat kelamin dan di ketiak kedua jenis kelamin, paling nyata terlihat pada anak laki-laki. Pada anak laki-laki, rambut juga tumbuh di dada dan wajah. Pada anak perempuan, perkembangan buah dada seringkali merupakan pertanda awal mulainya pubertas.

Pubertas

Source: Interamerican Scout

Pada kedua jenis kelamin, pita suara (pada laring) berubah antara usia 14 dan 15 menyebabkan perubahan suara khas, yang sangat kentara pada anak laki-laki.

Kelenjar sebaseus (sebaceous) dan kelenjar sudoriferus (sudoriferous) atau keringat juga berkembang. Kelenjar keringat mulai member kaum muda bau khas pada keringat di ketiak. Kelenjar sebaseus menaikkan komedo hitam karena akumulasi sekresi minyak dan penahanan debu, yang mulai menunjukkan pigmentasi, menghitam di bagian tubuh tertentu, seperti, putting dan alat kelamin.

Secara umum, struktur tulang dan otot meregang dan memanjang, meskipun dengan kecepatan berbeda. Anak gadis cenderung tumbuh tinggi lebih awal, tetapi pada usia sekitar 15 tahun tinggi anak laki-laki biasanya menyalip mereka. Pertumbuhan tulang bergantian dengan kenaikan berat badan.

Sumber: Buku Pegangan untuk Pembina Penggalang, Kwarnas Gerakan Pramuka 2005

Baca juga:

12 responses to “PUBERTAS SEBAGAI TANDA BERAWALNYA MASA REMAJA

  1. banyak perbedaan remaja lelaki & perempuan dlm pubertas, bingung :-0

    Kenapa bingung Kak?πŸ˜† ….

    XP2 Scout

  2. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    RAIHLAH β€œJATI DIRI MANUSIA.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    • RAIHLAH β€œJATI DIRI MANUSIA.. untuk

      MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

      Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
      I Love U fuuulllllllllllllllllll

  3. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    masa ini saya mengistilahkannya sebagai;
    LEBIH BESAR KETIMBANG SERBET TETAPI MASIH KECIL UNTUK SEBUAH TAPLAK

    Wah istilah yang cocok Kak….

    XP2 Scout

  4. Masa ini sangat rawan ya mas, apalagi jaman sekarang, godaan begitu banyak, fasilitas juga banyak, mall,internet,hp dan lain2 bisa menggiring mereka kearah yang kurang baik.
    Peran orang tua dan guru harus lebih ditingkatkan khsususnya pembinaan dan pengawasan.
    Salam pramuka dari Surabaya

    Memang kita harus telaten dan sabar menghadapi remaja, itulah yang kadang kita tidak punya…

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s