HARI ARMADA KE-64: PRAJURIT MATRA LAUT YANG PROFESIONAL, TNI-AL YANG KUAT, KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA


TNI Angkatan Laut adalah salah satu dari kekuatan pertahan matra laut Republik Indonesia yang menjaga perairan RI dari serangan dan gangguan musuh. Sebuah kekuatan yang sangat strategis, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari lautan. Pada hari ini 5 Desember 2009, Armada RI telah mencapai usianya yang ke-64. Pada usia yang sudah cukup tua, apa sebenarnya yang masih menjadi keinginan dari TNI-AL?

tnialTema dari peringatan Hari Armada RI ke-64 kali ini adalah “TNI-AL bertekad untuk mengedepankan profesionalitas prajurit matra laut demi menuju Angkatan Laut yang kuat dan dapat dibanggakan Bangsa Indonesia”. Dari tema yang diangkat jelas bahwa TNI-AL bertekad untuk menjadi kekuatan yang profesional yang kuat dan membanggakan. Untuk menjadi seperti itu tentu saja dibutuhkan usaha yang keras dan tentunya juga dukungan dana yang cukup. Perhatian pemerintah tentu sangat dibutuhkan untuk mewujudkan tekad dari TNI-AL tersebut.

Peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang cukup di lingkungan TNI-AL diperlukan untuk meningkatkan profesionalitas prajurit TNI-AL. Prajurit yang memiliki skill yang tinggi sangat diperlukan untuk menangani masalah keamanan laut perairan RI. Masalah perairan RI begitu beragam mulai dari masalah perompakan, pelanggaran batas wilayah, sampai dengan sengketa wilayah yang beberapa tahun terakhir ini cukup mengganggu. Wilayah terluar Indonesia merupakan wilayah yang sangat rawan terhadap gangguan-gangguan keamanan, diperlukan prajurit yang profesional di bidangnya untuk menjaga wilayah-wilayah tersebut.

Prajurit Matra Laut yang Profesional (sumber: http://www.tnial.mil.id)

Kekuatan Armada RI selain didukung oleh profesionalitas Prajurit, juga harus di dukung oleh alutsista yang bukan hanya cukup tapi harus memiliki mutu dan akurasi yang tinggi. Penambahan anggaran untuk TNI-AL sangat diharapkan untuk peningkatan dan pemeliharan alutsista. Menhan Purnomo Yusgiantoro telah bertekad untuk melakukan revitalisasi industri maritim di Indonesia untuk mendukung alutsista TNI-AL. Dan itu adalah sinyal yang bagus, supaya 10-15 tahun ke depan kita tidak lagi tergantung pada asing untuk pengadaan alutsista. Pada peringatan Hari Armada kali ini TNI-AL mendapat kan hadiah kapal berjenis LPD yang dibuat oleh putra-putra Indonesia. Satu hal yang sangat membanggakan.

Dan akhirnya kita sebagai rakyat Indonesia menggantungkan harapan kepada TNI-AL untuk memberikan keamanan terutama pada keamanan matra laut dan menjadikan TNI-AL salah satu kekuatan yang membanggakan. Majulah TNI-AL seperti semboyanmu “Jalesveva Jayamahe” dan jadilah kekuatan kebanggaan kita rakyat Indonesia. (dori).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s