PIALA DUNIA 2010 AFRIKA SELATAN


Apa sih hubungan Pramuka dengan sepak bola? Hubungan langsung sih tidak ada. Lalu kenapa artikel ini isinya masalah sepak bola? Begini ceritannya, saat latihan Pramuka hari Sabtu lalu adik-adik asik membicarakan tentang drawing piala dunia. Mereka begitu antusias, bahkan untuk adik-adik putri juga ikutan antusias. Jadi pada terbitan kali ini tidak ada salahnya kita berbagi sedikit info tentang Piala Dunia.

Piala Dunia dimulai sejak tahun 1930 dipelopori oleh Presiden FIFA waktu itu yaitu Jules Rimet yang berkebangsaan Prancis. Perhelatan olah raga terakbar sejagad itu pertamakali diselenggarakan di Uruguay, diikuti hanya oleh 13 negara yaitu: Prancis, Yugoslavia, Rumania, Belgia, Argentina, Cile, Meksiko, Brazil, Bolivia, Uruguay, Peru, Amerika Serikat, dan Paraguay. Jumlah peserta yang sedikit waktu itu disebabkan oleh transportasi yang masih sangat sulit. Seperti kita ketahui Piala Dunia 2010 Afrika Selatan nanti diikuti 32 negara peserta.

Piala Dunia yang diperebutkan dalam perhelatan akbar itu awalnya bernama Piala Jules Rimet. Nama ini diberikan untuk menghormati penggagas Piala Dunia yaitu presiden FIFA Jules Rimet. Piala Jules Rimet diperebutkan terakhir pada Piala Dunia 1970 di Meksiko. Pada waktu itu berhadapan dua tim kuat Brazil melawan Italia. Pertandingan itu akhirnya dimenangkan oleh Brazil dengan skor 4-1, dan Brazil berhak menjadi pemilik tetap Piala Jules Rimet. Tapi sayang piala yang disepuh emas 24 karat itu hilang pada tahun 1993.

Sebagai pengganti Piala Jules Rimet yang telah menjadi milik Brazil, dibuatlah sebuah piala yang sekarang kita kenal sebagai FIFA World Cup. Saat pertama kali diperkenalkan kepada publik, trofi baru Piala Dunia dikalkulasi seharga USD 50 ribu. Sekarang, estimasi harga Piala Dunia mencapai USD 10 juta (Rp 100 milyar). Hingga 2002 lalu, baru tiga negara yang sudah dua kali mengangkat trofi World Cup. Yaitu Jerman (1974, 1990), Argentina (1978, 1986), dan Brazil (1994, 2002).

Bola Jabulani (sumber: http://www.crunchgear.com)

Penyedia bola resmi piala dunia yaitu Adidas setiap kali pelaksanaan Piala Dunia selalu mengeluarkan bola baru. Untuk kali ini Adidas mengeluarkan bola resmi yang diberi nama Jabulani, diambil dari bahasa Afrika yang artinya “untuk merayakan”. Jabulani dikembangkan dengan teknologi mutakhir dan disempurnakan dengan desain unik yang terinspirasi dari Afrika Selatan. Bola ini memiliki sejarah tersendiri bagi Adidas. Jabulani merupakan bola kesebelas yang dikeluarkan adidas untuk Piala Dunia dan pada desain terdapat sebelas warna berbeda. Sebelas warna itu melambangkan sebelas pemain dalam sebuah tim, sebelas bahasa resmi dan sebelas suku yang ada di Afsel sehingga menjadikan negera tersebut sebagai salah satu negera dengan etnis terbanyak di benua Afrika.

Nah itulah sedikit tentang Piala Dunia, dan pada drawing Piala Dunia kemarin (4/12) juga dilakukan presentasi untuk host Piala Dunia 2018. Dan salah satu pesertanya adalah Indonesia, kejutan bukan? Yah semoga saja Piala Dunia 2018 bisa berlangsung di Indonesia. Yah biar kita kita tidak jauh-jauh untuk melihat, dan kita juga bangga karena dipercaya dunia. Semoga. (Blaster)

6 responses to “PIALA DUNIA 2010 AFRIKA SELATAN

  1. Piala Dunia senantiasa menarik perhatian kita ya mas Padahal ditanah air ada agenda yang tak kalah penting yaitu memperingati Hari Ibu. Kita yang merasa lahir dari rahim ibu sudah selayaknya memberikan sesuatu kepada Ibu atau siapan saja yang berpredikat ibu. Bagaimana caranya :

    Sebentar lagi Hari Ibu
    Jika tak ada beras di gentong
    Jika tak ada seteguk air di kendi
    Jika tak ada lembaran rupiah dibawah kasur
    Mengapa tak membuat puisi cinta
    Untuk persembahan kepad Ibunda di hari Istimewa
    Persembahkan untuk beliau melalui Parade Puisi Cinta
    http://abdulcholik.com/acara-unggulan/acara-unggulan-parade-puisi-cinta
    Salam hangat dari Surabaya
    Jika itu anda lakukan dengan tulus
    Sebuah atau tiga buah kecupan penuh kasih sayang akan di terima
    Plus bisikan lembut ” I love you sweetheart ”.
    Salam hangat dari dapur puisi BlogCamp
    Salam hangat dari Surabaya

  2. salam jumpa kanda🙂
    sudah lama rasanya tak berkunjung ke blog kanda, maklum lg sibuk-sibuknya mempersiapkan siswa yang kelas 9 untuk hadapi UN, jd g teruruslah blogku yang tidak kunjung naik pageranknya🙂🙂

    Sabar saja Pak Nurman, bagi kita page rank itu hanya hiasan kristal yang indah untuk dilihat. Karena kita bukan blog yang profit taking. Yang penting kita tetap berusaha memberi informasi yang bermanfaat bagi siapa saja yang membaca. Sukses selalu Pak.

    XP2 Scout

  3. Ping-balik: Sambil Menyelam Minum Air « Batavusqu·

  4. Gemerlap piala dunia seolah sudah dimulai, hal ini ditandai dengan pengundian alias drawing para kontestan hajatan sepakbola terakbar di dunia. Peristiwa ini banyak menyita perhatian public dunia, terutama bagi warga yang negaranya lolos ke putaran final piala dunia.

    Drawing juga sering dijadikan sebagai titik awal pemilihan strategi bagi tim-tim yang akan berlaga dengan menganalisa kekuatan tim-tim satu grup. Tentunya semua tim berharap akan dapat melaju sampai babak final. Kepada semua tim, selamat berjuang!!!
    Cara Membuat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s