CATATAN KEGIATAN AKHIR TAHUN 2010 KWARTIR RANTING KALIPURO


Menutup tahun 2010 ada dua kegiatan kepramukaan di wilayah Kwarran Kalipuro. Pertama kegiatan Perkemahan Pramuka Penggalang dan Seni (P3S) dan Pengukuhan Anggota Saka Bahari. Kegiatan P3S dilaksanakan di Bumi Perkemahan Rowo sedang kegiatan Pengukuhan Anggota Saka Bahari bertempat di Pangkalan TNI-AL Ketapang. Berikut laporan reporter XP2 Scout untuk para pembaca.

Perkemahan Pramuka Penggalang dan Seni

Kegiatan P3S merupakan kerjasama dari Kwarran Kalipuro dan KKG Kesenian Kecamatan Kalipuro. Kegiatan bertajuk pramuka dan seni tersebut mencoba menghadirkan suasana perkemahan yang berbeda dari biasanya. Kak Samsu Marsudi selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa perbedaann perkemahan ini dari perkemahan pramuka yang lain terletak pada adanya pementasan hasil karya seni peserta baik seni rupa, seni suara, seni teater, dan seni tari. Hanya saja perkemahan ini dibatasi untuk peserta penggalang dari SD dan MI.

p3s

Upacara pembukaan kegiatan P3S (xp2 Scout)

 

Perkemahan dibuka oleh Camat Kalipuro selaku Kamabiran pada pukul 14.30 WIB terlambat 30 menit dari waktu yang dijadwalkan yaitu pukul 14.00 WIB. Keterlambatan tersebut dikarenakan menunggu Camat Kalipuro selaku Kamabiran masih ada kegiatan di tempat lain. Namun demikian acara pembukaan tetap berlangsung meriah, didahului dengan persembahan tari Tepis Miring dari Gudep Pangkalan SDN 2 Ketapang dan pembacaan puisi oleh adik Zenia dari Gudep Pangkalan SDN 1 Ketapang. Kemudian dilanjutkan dengan acara upacara pembukaan.

Upacara pembukaan berlangsung dengan khidmat. Petugas-petugas upacara diambil dari adik-adik peserta perkemahan. Paduan suara dari adik-adik Pramuka Gudep Pangkalan SMPN 1 Kalipuro ikut serta dalam kegiatan upacara. Sedangkan bertindak sebagai pembina upacara adalah Camat Kalipuro selaku Kamabiran. Dalam amanatnya Kamabiran mengucapkan terimakasih kepada semua komponen yang telah berusaha untuk menyelenggarakan kegiatan yang baru pertama dihelat di Kecamatan Kalipuro. Beliau juga berpesan agar semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan tetap bergembira. Pada akhir amanat Kamabiran juga berharap agar kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda tahunan bagi Kwarran Kalipuro.

tari

Persembahan Tari Tepis Miring dari Gudep Pangkalan SDN 2 Ketapang (xp2 scout)

 

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 22 Desember 2010 sampai tanggal 24 Desember 2010 tersebut diisi dengan pembekalan materi berbagai lomba ketrampilan kepramukaan. Materi yang diberikan beberapa materi tekpram seperti: semaphore, morse, pionering dan beberapa sandi. Sedang kegiatan lomba diantaranya adalah lomba memasak, lomba hasta karya, dan wide game. Sedangkan untuk seni tidak diadakan lomba hanya pementasan saja. Pada akhir lomba keluar sebagai juara pertama untuk lomba kepramukaan adalah Gudep Pangkalan SDN 3 Gombengsari untuk putra dan Gudep Pangkalan SDN 1 Klatak untuk putri. Juara 1 sampai dengan 3 mendapatkan tropi dan hadiah sedangkan juara harapan 1 sampai dengan 3 hanya mendapatkan hadiah saja. Selamat buat adik-adik yang telah mendapatkan juara dan yang belum menang jangan putus asa, ini hanya sebuah permainan.

hadiah

Penyerahan hadiah kepada para pemenang oleh Kak Iswanto (xp2 Scout)

 

Pengukuhan Pramuka anggota Saka Bahari Cabang Banyuwangi

Pengukuhan anggota Saka Bahari dilaksanakan dalam bentuk perkemahan Minggu-Senin tanggal 26-27 Desember 2010. Perkemahan diikuti oleh peserta dari ranting-ranting saka Bahari se wilayah Kabupaten Banyuwangi, antara lain ranting Pancer, ranting Muncar, ranting Grajagan, dan ranting Banyuwangi. Menurut Kak Shandy (Kapten Laut K. Shandy) kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengukuhkan anggota baru Saka Bahari Cabang Banyuwangi T.A. 2010.

pembekalan

Pembekalan kakak-kakak calon anggota saka Bahari (xp2 Scout)

 

Kegiatan perkemahan dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina Saka Bahari Cabang Banyuwangi Kapten Laut K. Fira Shandy pada tanggal 26 Desember 2010 pukul 07.30 WIB. Selanjutnya kegiatan diisi dengan materi-materi kesakaan dan wawasan umum kepramukaan. Pada saat berita ini ditulis kegiatan masih berlangsung. Direncanakan pengukuhan akan dilaksanakan hari ini. Semoga setelah dikukuhkan adik-adik bisa tetap aktif dalam semua kegiatan Saka Bahari. (XP2 Scout)

 

One response to “CATATAN KEGIATAN AKHIR TAHUN 2010 KWARTIR RANTING KALIPURO

  1. untuk anggota baru itu harus tunggu erapa lama dlu atau berapa tingkatan dulu untuk bisa mendapatkan tanda atau bet anggota saka bahari??

    Pada dasarnya jika anggota baru telah dilantik berarti dia berhak memakai badge saka. Walau faktanya belum dilantik saja kalau sudah mendaftar biasanya sudah boleh menggunakan badge saka.

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s