HARAPAN PRAMUKA DI TAHUN YANG BARU


Tahun baru, semangat baru. Itulah harapan setiap orang setiap mengawali tahun baru. Dan derap langkah blog pramuka ini pun akan mencoba tampil dengan semangat baru di tahun 2011 ini. Tahun ini merupakan tahun ketiga sejak posting pertama kali. Selain banyak juga harapan-harapan dari penulis dan semua anggota pramuka di tahun ini. Penulis mencoba menuliskan harapan-harapan yang mungkin bisa mewakili sebagian keinginan anggota pramuka di Indonesia. Nah kalau harapan lain yang belum termuat, ya silakan saja tulis di bagian komentar di bawah.

newyearDi awal tahun 2011 ini, kami segenap pengelola blog ini mempunyai harapan bahwa kelak terbentuk sebuah jaringan di dunia maya yang menghubungkan seluruh gudep-gudep se Indonesia. Dan juga terbentuk sebuah sistem informasi kepramukaan yang bisa diakses oleh anggota pramuka di mana saja berada. Memang sih … saat ini ada beberapa situs seperti situs Pramuka Indonesia milik Kwarnas, Pramukanet, dan beberapa situs kwartir daerah mencoba memberikan informasi yang diperlukan oleh pembaca, namun itu masih terasa kurang. Coba … saat kita mencoba mencari informasi tentang PP yang mengatur SKK saja sampai saat ini belum penulis dapatkan. Yah … memang semuanya butuh proses, nah itulah harapan kita semua moga di tahun ini sudah dapat kita akses kumpulan dari keputusan dan aturan kepramukaan dengan mudah.

Undang Undang tentang Gerakan Pramuka pun telah sukses disahkan, lepas dari segala macam kekurangannya dan segala kontroversinya. Namun tentu saja UU itu tidak ada gunanya jika belum dibuat aturan pelaksanaan di lapangan baik berbentuk PP atau Permen atau apalah yang bisa segera bisa digunakan sebagai pedoman pelaksanaan di lapangan. Dan satu lagi yang perlu diingat Pramuka adalah sebuah Gerakan yang bersifat dinamis, sehingga tidak sesuai jika dibuat aturan yang sangat kaku yang terkesan militer di kepramukaan. Pramuka juga harus dikembalikan sesuai fungsinya yaitu menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang baik.

Seragam pramuka kita sempat menjadi perdebatan dalam berbagai kesempatan. Sebenarnya seragam pramuka kita sudah bagus, dan cocok untuk kegiatan baik di dalam ruang maupun di lapangan. Namun memang harus ada sentuhan-sentuhan lain supaya kelihatan modis dan keren. Karena kita tidak bisa memaksakan kepada peserta didik untuk memakai pakaian seragam yang jadul yang akhirnya mereka tidak lagi respek dengan pramuka. Ingat … pramuka bukan merupakan program wajib yang harus diikuti. Karena begitu diwajibkan maka akan hilang sifat kepramukaanya. Jadi penulis tetap berpendapat pramuka tidak boleh diwajibkan, tapi kita buat pramuka lebih menarik. Termasuk salah satunya dari seragamnya.

Berikutnya adalah kurikulum pendidikan kepramukaan. Kurikulum kepramukaan termuat di dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum dan Syarat-syarat Kecakapan Khusus. Kalau kita cermati SKU dan SKK yang ada saat ini sudah terasa ketinggalan jaman, oleh karena itu harus ada penyesuaian. Telah ada draft yang disusun oleh Pusdiklatnas Pramuka saat ini. Semoga saja draft yang telah disosialisasikan tersebut segera dapat di tetapkan. Harapannya SKU dan SKK bisa dibuat lebih fleksibel sehingga mudah untuk disesuaikan dengan kondisi di suatu daerah. Mengingat kondisi daerah-daerah di Indonesia ini begitu beragam.

Nah itu beberapa harapan yang mungkin bisa terwujudkan di tahun 2011 ini. Mungkin ada harapan-harapan lain yang belum termuat, silakan Kakak-Kakak tulis saja di bagian komentar di bawah ini. Terimakasih, penulis dan seluruh kru dari XP2 Scout mengucapkan “SELAMAT TAHUN BARU 2011”. Semoga di tahun ini Pramuka kita jadi semakin baik dan jaya. Amin. (Blaster)

One response to “HARAPAN PRAMUKA DI TAHUN YANG BARU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s