CLOSING CYCLE PROGRAM CAMP, FOR MY SCOUT FRIENDS


Siklus Program merupakan pelaksanaan program yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk pasukan penggalang kegiatan dalam satu siklus ditetapkan dalam kurun waktu 4 bulan, selanjutnya akan dimulai lagi dengan siklus yang baru. Dalam setiap akhir siklus di Gudep 05.119 – 05.120 Prabaswara Pangkalan SMPN 2 Kalipuro selalu ditutup dengan kegiatan Perkemahan Tutup Siklus Program (Closing Cycle Program Camp).  Bagaimanakah pelaksanaan kegiatan tersebut, berikut laporan reporter XP2 Scout untuk para pembaca.

ccpc_logoSiang itu udara cukup sejuk, karena gulungan awan terlihat menggantung di atas Bumi Perkemahan Prabaswara. Memang beberapa hari terakhir ini hujan senantiasa turun. Namun itu tidak melunturkan semangat adik-adik peserta CCPC (Closing Cycle Program Camp) atau PPSP (Perkemahan Penutupan Siklus Program) yang berlangsung dari tanggal 4 sampai 5 Maret 2011. Walaupun sejatinya kegiatan tersebut adalah program dari Gudep Prabaswara tapi kegiatan ini juga diikuti oleh 3 gudep lain yang memang sengaja diundang untuk memeriahkan suasana dan menjalin persahabatan. Adapun gudep yang diundang untuk kegiatan ini adalah Gudep Pangkalan SMPN 1 Kalipuro, Gudep Pangkalan SMPN 1 Glagah (Puspata), dan Gudep Pangkalan SMPN 1 Banyuwangi (Pratama Wiyata).closing_ccpcKegiatan dirancang dalam bentuk perkemahan satu malam yaitu Jumat Sabtu (Perjusa) dan diakhiri dengan sebuah kegiatan penjelajahan (Wide Game). Karena hanya berupa perkemahan satu malam maka kegiatan dibuat sedemikian padat, namun mencakup banyak aspek penilaian. Dan tentu saja suasana dibuat sedemikian rupa sehingga adik-adik penggalang tidak merasa tertekan meskipun acaranya padat. Yang ingin ditonjolkan dalam kegiatan ini adalah adanya suasana persahabatan diantara peserta kegiatan, meskipun dalam sebuah perlombaan. Suasana seperti itu sepertinya mulai hilang dari Pramuka kita akhir-akhir ini.flag_timepromise

campsite_build_2

Yuk dirikan tenda!!!

campsite_build_3

Hati-hati Dik tangannya terpotong!

Terilhami dari kegagalan Gudep Prabaswara dalam kegiatan Lomba Ketrampilan Pramuka Penggalang di Mojokerto beberapa waktu yang lalu, kakak pembina berusaha menciptakan suatu kegiatan serupa dengan kegiatan lomba tersebut tapi dengan suasana yang berbeda. Maka pada kegiatan CCPC ini diseting bentuk perlombaan, materi lomba meliputi: registrasi peserta, perkemahan, memasak, apresiasi seni, dan penjelajahan (Wide Game). Wide Game peserta kegiatan diuji ketrampilan mereka dalam beberapa hal antara lain: menaksir tinggi pohon, menaksir lebar sungai, membuat peta pita, membaca tanda jejak, menggunakan kompas, membuat sketsa panorama, mengukur arus sungai, dan menyusur sungai. Hanya materi PPGD yang tidak diujikan, karena memang dalam program latihan materi tersebut belum disampaikan.

wide_game_1

Lagi siap-siap mengukur lebar sungai

art_performance_1

Wuih ... adik-adik dari Gudep Puspata in action

Suasana lomba diciptakan supaya tetap menyenangkan dan bersahabat, jauh dari kesan persaingan yang mengarah permusuhan. Pelaksanaan penilaian melibatkan semua kakak-kakak pembina dari ketiga gudep, dengan prinsip yang mereka nilai adalah adik-adik penggalang peserta didik bersama. Sehingga semua mencoba seobyektif mungkin tanpa membedakan dari gudep mana mereka berasal. Walaupun dengan dukungan dana yang terbatas, kegiatan CCPC kali dapat berlangsung dengan meriah. Semua peserta terlihat sangat antusias untuk mengikuti setiap mata lomba, walaupun mereka sama sekali tidak tahu bahwa pemenang lomba ini akan mendapatkan hadiah kecil dari Gudep Prabaswara. Yah … hadiah berupa ballpoint dan note book kecil ternyata dapat memberi semangat yang luar biasa kepada adik-adik untuk terus aktif berlatih pramuka. Tetap semangat ya adik-adik, tingkatkan ketrampilanmu dan jangan pernah berputus asa. (xp2s)

2 responses to “CLOSING CYCLE PROGRAM CAMP, FOR MY SCOUT FRIENDS

  1. wah….inget ne aq waktu penggalang dulu?o ya buat kakak-kakak jangan lupa tengok kami di SDN 4 Tamansari ya?itu lho
    anak-lembah.blogspot.com,……o ya kami di sini latihan seadanya kami di lombok dan jauh dari kota syukur adik-adik di sini mau latihan pramuka?

    Tetap semangat Kak. Latihan Pramuka yang menyenangkan, selain memberikan ketrampilan untuk hidup juga dapat menjadi sebuah hiburan. Sukses selalu Kak. Salam untuk adik-adik di sini.

    XP2 Scout

  2. Hmm,,,,fungsi siklus itu untuk apa kak??? kenapa program tidak langsung dibuat selama satu tahun saja??? mohon bimbingannya..hehe

    Begini Kak, karena program itu disusun oleh adik-adik penggalang sendiri (tentu saja dengan bimbingan pembina), sehingga jangka waktunya lebih pendek yaitu 4 bulan. Rincian untuk pembagian waktu adalah 1 bulan (4 kali latihan) dan 3 bulan (12 kali latihan) untuk pelaksanaan. Informasi lebih lengkap Kakak bisa melihat buku panduan dari WOSM denga judul “Buku Pegangan untuk Pembina Penggalang” yang diterjemahkan oleh Kwartir Nasional dari buku yang berjudul “Handbook For Leaders Of The Scout Section” (Copyright World Scout Bureu, 2002). Kami punya versi Inggris dalam bentuk format pdf, kalau Kakak tertarik kami bisa kirim ke e-mail Kakak. Mungkin itu penjelasan kami, semoga bisa bermanfaat.

    XP2 Scout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s