TUGAS PERKEMBANGAN UTAMA USIA 11 DAN 15


Masa perkembangan anak usia 11-15 tahun berlangsung sangat cepat. Cepatnya perkembangan tersebut menimbulkan guncangan psikis luar biasa pada anak. Kesulitan penyesuaian diri seringkali menyebabkan anak pada usia tersebut mengalami instabilitas emosi. Dan akibatnya memunculkan tingkah laku yang tidak terduga. Dalam tulisan berikut penulis mencoba berbagi pengetahuan kepada semua Pembina Pramuka, khususnya tingkat penggalang tentang tugas perkembangan utama usia 11-15 tahun. Mengingat anak usia tersebut termasuk dalam kelompok penggalang. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tugas perkembangan utama usia 11-15 tahun seperti tercantum dalam buku Pegangan Pembina Penggalang adalah sebagai berikut:

  • Membentuk Citra Diri Secara Fisik

Perubahan fisik merupakan transformasi yang paling jelas yang dialami remaja antara 11-15 tahun. Pada tahap ini, citra diri fisik, yang merupakan gambaran mental yang dimiliki seseorang tentang tubuhnya menimbulkan perasaan ketidakpastian karena perubahan-perubahan yang dialami.

Selama masa kanak-kanak, perubahan fisik muncul secara bertahap sehingga anak-anak dapat secara mudah mengintegrasikannya ke dalam citra diri fisik. Pada masa remaja, intensitas dan kecepatan perubahan fisik membuat sulit bagi individu untuk mengasimilasikannya dan menjaga perasaan stabilitas dan rasa nyaman dengan diri sendiri.

  • Mengembangkan Harga Diri

Perubahan fisik dapat mengikuti pola yang tidak biasa dan penampilan fisik cenderung kehilangan harmoni yang dimilikinya pada masa kanak-kanak. Karena citra diri fisik bukan merupakan penilaian yang obyektif, dan oleh karenanya banyak dipengaruhi nilai subyektivitas diri, maka ketidakbiasaan perubahan ini sangat mempengaruhi citra diri fisik pada remaja laki-laki dan perempuan, dan akibatnya mempengaruhi juga harga diri remaja. Sebagai tambahan, jika pada masa kanak-kanak harga diri mereka hamper sepenuhnya tergantung pada keluarga atau orang-orang dewasa yang dekat, atau apa yang dikatakan otoritas, maka pada masa remaja harga diri ini lebih ditentukan oleh pengalaman mereka serta pendapat teman-teman sebaya. Hal ini seringkali menimbulkan rasa tidak aman dan keinginan untuk menunjukkan daya tarik fisiknya serta penerimaan social dan emosional.

  • Memantapkan Sesuai Jenis Kelamin

Perubahan dalam tubuh dikatakan dengan proses kematangan seksual. Selama masa kanak-kanak, seksualitas hamper seperti permainan. Seksualitas diekspresikan atas dasar keingintahuan dan stimulasi diri untuk kesenangan sendiri. Akan tetapi, timbul dalam ranah kesadaran dan ketegangan meningkat sebagai hasil dari tuntutan perkembangan seksual.

Penyelesaian dari ketegangan ini tergantung dari kuatnya dorongan, keterampilan dalam memahami realitas, dukungan atau hambatan dari lingkungan budaya, nilai-nilai yang membentuk karakter, mekanisme control diri, sejarah pribadi, dan kondisi khusus dalam kehidupan.

Sepanjang periode ini, perkembangan seksual pendorong timbulnya kemantapan peran seksual. Proses ini sejalan dengan identifikasi positif yang kuat dengan figur maternal atau paternal yang mungkin bisa diperoleh dari orangtua yang sama jenis kelaminnya atau figure penggantinya, pengalaman yang menyenangkan dengan lawan jenis, dan identifikasi dengan teman sebaya yang berjenis kelamin sama. Periode ini merupakan masa dimana anak laki-laki semakin dekat dengan ayah serta teman laki-laki mereka, dan perempuan lebih dekat dengan ibu dan teman-teman perempuannya. Ketika telah melewati usia 13 tahun, mereka kemudian mulai menjalin hubungan dan persahabatan dengan teman sebayanya yang berlawanan jenis, dengan frekuensi yang secara bertahap meningkat. Hal ini relevan dengan pilihan dalam kelompok pramuka yang berjenis kelamin sama atau kelompok campuran, yang detailnya akan dibahas kemudian.

Sumber: Buku Pegangan untuk Pembina Penggalang, Kwarnas Gerakan Pramuka 2005

Baca juga:

7 responses to “TUGAS PERKEMBANGAN UTAMA USIA 11 DAN 15

  1. Salam Takzim
    Selamat pagi, mohon izin menempatkan berita louncing blog saya yang baru, semoga berkenan
    http://isro-m.com/
    Salam Takzim Batavusqu

    Selamat atas diluncurkannya blog baru Pak Zipoer, blog nya makin keren aja Pak. hehe 😀

    XP2 Scout

  2. Kunjungan pertama… semoga bisa menjalin silaturahmi kedepannya dan tetap menjadi sahabat…

    Kunjungan pertama … semoga tidak menjadi kunjungan yang terakhir ya Kak. Terimakasih …

    XP2 Scout

  3. berkunjung n mohon kunjungan baliknya makasih

    Wokey … terimakasih kunjungannya. Kami pasti akan kunjung balik Kak.

    XP2 Scout

  4. Selamat pagi sahabatku. Semoga anda sehat-walafiat dan menikmati hari istimewa ini.
    Saya datang untuk silaturahmi sambil membawa pesan.
    Apakah sahabat dapat menemukan nama yang bagus, gagah dan keren untuk blog saya.
    Jika dapat silahkan diajukan melalui kolom komentar di :
    http://abdulcholik.com/2010/01/24/blogcamp-ganti-nama/
    Ada sedikit tali asih menarik jika nama yang sahabat sarankan terpilih.
    Terima kasih, selamat beraktivitas.
    Salam hangat dari Surabaya.

    Terimakasih Pak De …

    XP2 Scout

  5. emang usia 11-15 to masa-masanya butuh perhatian yang benar-benar besar dari berbagai pihak terutama keluarga.

    Bener Kak … usia remaja rentan terhadap pengaruh-pengaruh buruk.

    XP2 Scout

Tinggalkan komentar